MY BEST MOMENTS IN THE LAST 3 YEARS


Hai readers, 

Setelah beberapa bulan vakum gak ngeblog, akhirnya saya ngeblog lagi! Yey! Siapa yang senang?🙋🙋

Gak ada sih, 😓😂

Ada sih ngeblog, tapi 2 blog terakhir adalah tulisan buat endorse produk. Berasa apa gitu yaa, di endorse segala🙈.

Oke, di blog kali ini, saya akan cerita tentang beberapa momen terbaik dalam hidup saya. Kalian semua pasti pernah punya best moment kan? Best moment itu biasanya merujuk kepada momen terbaik, terbahagia, terindah dan tidak bisa dilupakan. Tapi best moment versi saya  adalah suatu moment yang saya bisa ambil suatu pelajaran berharga dari moment tersebut. Jadi yaa gak selalu happy-happy aja. Kadang, kegagalan yang pernah saya alami, keputusan salah yang pernah saya ambil, atau kekecewaan yang pernah saya dapatkan bisa jadi sebuah titik balik dan momen terbaik untuk belajar.

Nah biasa kan kalau akhir tahun itu kita kayak meng-combine moment-moment terbaik kita selama setahun terakhir. Kayak best nine di instagram misalnya. Nah saya juga mau meng-combine best moment saya selama 3 tahun terakhir ini di blog. Kok 3 tahun banget? Karena saya belum pernah bikin sebelumnya. Jadi sekalian rangkap 3 tahun. Hahhah!



Oke kita mulai dulu dari tahun: 

2015
  • 1-7 Maret: Kepanitiaan Acara Kampus

Saya kan dulu awal kuliah gak join organisasi apa pun. Jadi otomatis gak pernah punya kepanitiaan. Semester 3 saya baru join organisasi (UKM Jurnalistik Unmul a.k.a LPM Sketsa). Dan di situlah saya baru terlibat di banyak kegiatan. Nah, acara Journalistic Sensastion jadi kepanitiaan pertama saya di Sketsa. Di sini saya jadi kadiv acara. Ini bukan kepanitiaan pertama saya di kampus. Tapi di sini yang saya ngerasa kerja banget! Maksudnya bener-bener belajar sebagai panitia professional. Ngerancanain acara, ngatur panitia, ngubungin pemateri, ngehandle audience dll. Saya nikmatin banget waktu itu, sampai saya mikir nanti di masa depan pengen punya EO karna suka ngatur acara, haha.

Desain poster jaman itu...

Memorable banget part ini :D

  • 24-27 April: PJTLN Palembang
Waktu saya memutuskan untuk ikut organisasi di kampus, saya bertekad untuk belajar dan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya. Makanya setiap ada kesempatan, sayak selalu maksimalin. Salah satunya waktu ada kesempatan ikut PJTLN (Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional) di luar kota. Dari dulu emang udah narget, harus ikut pelatihan di luar kota atas nama organisasi. Pertama, karena saya liat kakak saya dulu gitu pas kuliah. Sering ikut pelatihan di luar kota. Sampe saya mikir, keren juga yaa jadi mahasiswa. Kedua dan seterusnya, selain belajar, ya seru aja, kita bisa pelatihan di bidang yang kita minati dan ketemu dengan kawan-kawan di luar kota yang punya minat yang sama dalam bidang yang sama, dari kampus yang beda-beda.  Dan pengalaman terbaiknya adalah, bisa ketemu orang-orang hebat yang kasih ilmu luar biasa.

Kami bersama pemateri dari Tempo, Sunudyantoro.

  • 8-30 Agustus: The Nekat Traveller (Pare-Malang-Jogja)
Waktu itu bener-bener modal nekat banget. Jadi ceritanya temen-temen saya pada pergi rombongan buat les bahasa inggris di Pare waktu liburan semester genap. Nah, persiapan mereka udah matang banget sejak beberapa bulan sebelumnya. Mulai dari cari dana rame-rame, jadwal keberangkatan, barang bawaan, akomodasi, transportasi, selama di sana mau ngapain aja dan kemana aja, lengkap banget! Saya yang satu-satunya gak ikutan. Ketika mereka udah pergi, kok pengen juga. Ya udin, saya nyusul dengan duit dan persiapan seadanya. Inget banget cuma bawa duit 500 ribu waktu itu. Gak tau apa-apa. Di bandara gak ada yang jemput, gak tau jalan dari Surabaya ke Pare itu lewat mana? Naik apa? Bener-bener pake prinsip "hadapi di lapangan!" Tapi justru itu sih letak serunya. Selama di Pare, lagi-lagi dengan dana dan persiapan seadanya, saya sempetin juga buat travelingan ke Malang dan Jogja. 

(Baca cerita terkait: http://khajjarrohmah.blogspot.com/2018/02/les-bahasa-inggris-di-pare.html dan http://khajjarrohmah.blogspot.com/2016/06/kereta-api-tuuuttuuuuttuuuut_71.html )

Kadang, nekat itu perlu!

  • 31 Agustus: Gagal Seleksi Beasiswa
Lanjut dari cerita di atas, sebenernya jadwal les saya selesai tanggal 8 September. Tapi tiba-tiba saya dapat pengumuman kalo saya lulus seleksi administrasi beasiswa yang saya ikutin. Dan tes tertulis dilaksanakan tanggal 30 Agustus. Waktu itu tanggal 28 Agustus ketika saya dapat kabar itu. Jadi saya cuma punya waktu 2 hari buat ambil keputusan. Antara lanjut aja selesaikan jadwal les saya yang artinya gak ikut seleksi beasiswa, atau ninggalin les dan pulang ke Samarinda  buat tes. Saya bingung banget waktu itu karna kalo saya ikut tes, belum tentu lolos juga sedangkan saya udah ninggalin les saya. Tapi kalo saya tetep les dan ngelepas gitu aja seleksi beasiswa itu, saya takut akan menyesal di kemudian hari. Sampai kemudian saya mantap untuk pulang dan ninggalin les karna teacher saya bilang: "You can come here anytime you want. But that test is only once." Akhirnya saya balik Samarinda buat tes beasiswa. Tapi endingnya gak lolos juga. Artinya saya gagal. Disitu saya stress banget karna kayak sia-sia aja saya bela-belain pulang tapi gagal juga. Mending saya selesaiin les saya disana. Tapi hal yang saya pelajari adalah: saya sudah berusaha maksimal untuk sesuatu yang saya inginkan. Jadi meskipun gagal, saya tidak menyesal. Karna dengan gagal, kita akan mencoba lagi! (Ini beasiswa Djarum, anw)
Hasil hanyalah hasil. Proses itu yang ingin Tuhanmu lihat. -Kak Amar

  • Masuk BEM
Masuk BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) adalah salah satu keputusan salah yang pernah saya ambil. Karena dari awal, sebenernya saya tidak menemukan keinginan kuat kenapa saya mau masuk ke sana. Kalau di Sketsa jelas, karna saya suka nulis. Kalau BEM? Waktu itu karna pernah ikut agenda Bina Desa-nya BEM. Dan saya pikir itu kece banget. Jadi dengan masuk BEM, saya berharap bisa melakukan banyak hal kece lainnya. Pas oprect BEM saya juga diajakin gitu sama kakak-kakak organisasi, jadi kek ngerasa waktu itu, Wow I got a personal invitation? An honor… Dan lagi masih semester muda juga kan, kesempatan untuk belajar di banyak organisasi, terutama di BEM karna sejauh yang saya amati, BEM punya manajemen organisasi paling profesional di kampus. Tapi seiring berjalannya waktu, saya benar-benar tak menikmati setiap langkah bersama BEM. Apalagi saya juga sudah aktif di Sketsa dan memang lebih memprioritaskan di sana. Akhirnya di BEM, saya masuk dan keluar lagi. Dari situ saya belajar jangan memulai sesuatu kalau kamu gak yakin bakal menyelesaikan. Atau jangan mulai sesuatu kalau kamu gak yakin bener-benar menyukainya. 
Analogi sederhananya, jangan jalin hubungan kalo kamu gak yakin suka sama dia! *ea.

  • 28 Oktober: Kehilangan Paspor dan Laptop
Waktu itu, kejadiannya di rumah jam 9 pagi. Saya cuma tidur 15 menit sebelum berangkat ke kampus, tiba-tiba kebangun dan tas kuliah saya udah hilang. Ternyata pintu samping emang gak kekunci. Yang paling saya sesali kehilangannya adalah laptop dan paspor saya dalam tas itu. Laptop baru yang saya beli pake uang beasiswa. Dan paspor karna tahun depan saya bakal ke luar negeri buat ikut konferensi internasional. Pagi itu, saya ke kampus gak bawa tas, cuma bawa hp. Padahal saya ada presentasi di kampus. 
Pelajarannya, jangan tidur pagi! Rejeki bukan hanya dipatuk ayam! Tapi juga diambil maling.


2016

  • 10-21 Maret: HWMUN, Roma Italia (GUE KE LUAR NEGERI, GILA!)
Pas awal kuliah dulu pernah bikin road map, apa aja yang harus saya capai selama kuliah. Dari target IPK sampe ikut konferensi mahasiswa ke luar negeri. Sampai saya tulis juga waktu itu, minimal ke Malaysia deh. Akhirnya, gagal sih ke Malaysia. Tapi ke Roma, hehe. Lengkapnya baca aja di sini yaa:

http://khajjarrohmah.blogspot.com/2016/03/behind-big-names-of-harvard-world-model.html
Never been more proud of this when holding our flag

  • Beasiswa BI: 
Saya adalah pemburu beasiswa tiap tahun. Tapi beasiswa yang saya dapet biasanya hanya beasiswa parsial. Maksudnya beasiswa yang sekali daftar sekali dapet. Dan tahun selanjutnya belum tentu dapat lagi. Saya pengen banget dapat beasiswa yang ada masa nerimanya lebih lama gitu. Ya minimal setahun. Dan pengen juga beasiswa yang ada komunitasnya. Kayak jawaban terbaik dari Tuhan. Akhirnya saya dapet beasiswa dari Bank Indonesia yang komunitas penerimanya disebut Genbi (Generasi Baru Indonesia). Seolah Tuhan jawab: "Saya gak kasih kamu Djarum, nih saya kasih kamu BI." Yahahai. Cerita lengkapnya juga ada di sini: http://khajjarrohmah.blogspot.com/2017/03/genbi-get-scholarship-get-family.html

  • 12 Juli-30 Agustus: KKN di Kubar
Dari awal kuliah, saya sudah sangat excite buat KKN dimana. Dan akhirnya saya pilih KKN di Kubar. Cerita lengkapnya juga di sini:

http://khajjarrohmah.blogspot.com/2016/09/catatan-harian-kkn-jilid-i_2.html  http://khajjarrohmah.blogspot.com/2016/09/catatan-harian-kkn-jilid-ii.html
 
  • 4 November: Jadi Ketua Sketsa
Saya itu suka banget jadi ketua, karena suka nyuruh-nyuruh, hehe, gak ding. Dan pengalaman saya sebagai ketua itu hanya sejauh jadi ketua kelas dan ketua club theater. Alhamdulilllah di dunia kampus dapet kesempatan buat jadi ketua organisasi. Semoga cukup amanah! https://khajjarrohmah.blogspot.com/2016/12/be-leader-one-of-my-passion.html

2017

  • Full Time di Sketsa: 
Kalian mungkin ngeliatnya jadi ketua itu keren, prestise, classy dan sebagainya. Padahal jadi ketua itu stress. Semua kita pikirin. Semua kita lakuin. Bahkan hal pertama yang saya lakuin setelah dilantik sebagai ketua adalah? Ngepel sekre saudara-saudara. Bukan saya tidak menyukai itu, yang ingin saya bilang adalah, jadi seorang pemimpin itu bukan hanya bagaimana kamu memerintah. Tapi bagaimana give all your desires for what you lead. and make your members do the same. Dan ketika saya menerima amanah itu, saya sudah komitmen untuk I will do nothing but the best. Jadi saya benar-benar full time fokus di Sketsa.  Sampai kadang ada di satu sisi, ketika saya mulai lelah, saya meyakinkan diri sendiri, kalau yang saya lakukan bukan kesia-siaan.  
Gimana sia-sia kalau dapatnya mereka

  • Genbi 2017
Saya adalah penerima beasiswa BI tahun 2016. Tahun 2017 pendaftaran di buka lagi dan dengan berat hati saya gak daftar. Padahal nominal dana yang ditawarkan bagi penerima itu menggiurkan banget. Tapi karna saya punya amanah di Sketsa dan belajar dari pengalaman “jangan memulai kalau kamu gak yakin bisa menyelesaikan” jd saya mantap buat gak ngambil beasiswa lagi dan fokus di Sketsa.

  • Agustus: Ke Tarakan gratis!
Diundang ke nikahan temen + dibayarin! kapan lagi?
  • 4 November: Demis Sketsa, Perpisahan yang sedih 
Lengkapnya sih di sini: 

http://khajjarrohmah.blogspot.com/2017/11/catatan-sketsa-jadi-gini-rasanya-demis.html

Intinya saat itu saya bener-bener ngerasa jadi Anang Hermansyah-Separuh Jiwaku Pergi.


  • Desember: Ke Kubar lagi 
I'm starting to get tired, guys. So just read this 
http://khajjarrohmah.blogspot.com/2018/02/kubar-im-in-love.html 

2018
  • 22 Januari: Sempro Ulang
Kalo inget momen itu, adalah titik terendah dari semua momen yang saya alami 3 tahun terakhir. Saya stress banget. Jadi di prodi saya ada aturan baru waktu itu, sidang ulang bagi mahasiswa yang tidak menyelesaikan revisi  selama 3 bulan. Aturan itu baru keluar pada tanggal 1 September 2017. Sedangkan saya sempro (seminar proposal) itu 7 Agustus. Jadi saya pikir saya gak kena aturan ini. Dan revisi saya itu, cuma telat 2 hari dari deadline. Saya ngadap pembimbing demi kemurahan hati. Tapi ya, ternyata tak ada kemurahan hati dalam urusan skripsi. Dan akhirnya saya sempro ulang di Januari 2018.

Ini foto sempro pertama. Gak mungkin bisa senyum gini pas sempro ulang.

  • 24 Februari-30 April: Kerja Part Time
Untuk memenuhi kebutuhan student life dan anak rantau itu biasanya identik sama kerja part time. Nah di tahun-tahun awal kuliah, saya gak ada waktu buat ambil kerja part time karna udah kesibukan kuliah dan organisasi. Pas 2018 ketika udah demis organisasi, kuliah tinggal skripsi + kepepet butuh duit, akhirnya saya ambil part time. Dan best nya lagi, dapet tempat kerja yang asyik banget!
http://khajjarrohmah.blogspot.com/2018/04/part-time-worker.html  

Kangen tim Grill Bro, hu hu


24 Agustus: Ditinggal Sahabat Nikah
Disini ngenesnya ditinggal nikah samaa sahabat itu bukannya saya envy pengen nikah juga. Tapi bener-bener ngerasa saya bakal kehilangan sahabat ketika dia udah nikah. Gak bisa curhat sebanyak dulu, jalan-jalan sesering dulu, dan hey dia udah punya kehidupan baru dan kamu bukan di dalamnya. Ngelepas sahabat saya nikah, rasanya sama seperti ngelepas kakak perempuan saya dulu.

Dia bahagia, gue sedih T_T
Sesedih apa pun, saya tetep bahagia demi sahabat. Makanya saya tulisin http://khajjarrohmah.blogspot.com/2018/08/love-story-episode-ayu-dan-kak-fadhol.html

Demikianlah beberapa best moments saya. Naik turun - jungkir balik dunia saya. Semoga kalian bisa ambil hikmah dan pelajaran. Makasih buat yang udah baca, have a good life and happy new yearrrrrrrr!!!




Kiss Kiss 

Khajjar R

Share:

0 komentar