Review Film: Dilan 1990



Source image: sinopsisfilmbaru.com

Setelah berkali-kali gagal, akhirnya keturutan juga nonton film ini. Soalnya mau nonton dari kemarin, gak ada temennya. Ngajakin temen buat nonton film Indonesia itu, kayak nyuruh makan pare rebus. Susah. Pada gak mau. Rencana saya mau nobar sama grup "Bubuhan Dilan Samarinda." Ada yaa grup kayak gitu? Ada. Kalian pasti mau bilang saya alay gabung grup ginian. Maklum lah, korban novel. 

Awalnya ada agenda nobar tanggal 28 Januari. Tapi karena isi grup adalah fans Iqbal garis keras. Gak sabar nunggu tanggal 28, mereka nonton duluan tanggal 25 pas filmnya rilis. Alhasil nobar tanggal 28 dibatalin. Demi support idola, mereka kan mau menuhin target penonton dihari pertama. Karena jumlah penonton dihari pertama pemutaran itu, menentukan kesuksesan film. 

Pernah juga mau nonton sama Amel, eh seat-nya sisa 1 coba. Terus kemarin saya ngajakin Pute buat nemanin nonton Dilan, dianya gak mau. Terus ngajak Riris, eh mau. Katanya dia butuh hiburan sebelum pendadaran. Woke, gak jadi nonton sendiri.

Kenapa saya nonton Dilan? Pertama karena saya penggemar novelnya, dan kedua saya emang suka nonton film yang ngisahin tentang anak-anak SMA buat sekedar tau, "Oh gini romantika remaja anak SMA." Karena dulu saya waktu SMA kan sekolahnya di madrasah khusus putri jadi yaa gak ngerasain gitu cinta-cinta monyet ala anak SMA.

Waktu kontroversi Iqbal sebagai pemeran Dilan, saya oke-oke aja sih. Malah buat saya, Iqbal terlalu sempurna untuk jadi Dilan (Fangirl sih ini). Walaupun pas lihat trailer-nya agak goyah juga, dan berpaling kayaknya kalo Jefri Nichol lebih cocok. Tapi pas nonton filmya, balik lagi ke pendapat awal. Iqbal sempurna memerankan Dilan. Itulah kenapa, jangan judge film dari trailer-nya. Walau pun harusnya yang namanya trailer itu harus bisa menarik perhatian calon penonton dong. Ini gimana sih yang buat trailer-nya. 

Saya selalu nonton film dari adaptasi novel yang udah saya baca. Cuma untuk melihat visualisasi novel. Sesuai gak sih sama imajinasi saya. Karena udah liat trailernya dan udah baca novelnya, nonton film ini jadi gak penasaran sama sekali. Langsung masuk adegan pertama, ya persis kayak di trailer.  Malah yang keinget parodinya, saking banyak parody trailer-nya.



"Kamu Milea yaa?"
"Iya'"
"Boleh aku ramal? Kita akan bertemu dikantin." (Source image: netz.id )

Bagi para pembaca dan penonton, sudah pada tau kan, mereka gak ketemu di kantin. Di film, scene untuk adegan itu, Milea lagi di kelas terus dapet surat dari Dilan kalo dia gak jadi ke kantin. Maunya ada adegan ke kantinnya dong. Biar lebih afdhol gitu. Soalnya kalo di novel ada kan? Apa enggak yaa? Lupa juga sih. 

Terus yaa adegan-adegan selanjutnya, cuma adegan pdkt-nya Dilan ke Milea pake gombalan yang bikin senyum-senyum sambil gigitin kotak pop corn. Ceritanya datar, tapi menghibur. Dari awal sampe akhir filmnya mengalir manis nyaris tanpa klimaks. Tapi sesuai aja sih, di novel juga emang gitu. Nunggu banget yang 1991 karena lebih banyak konflik.

Dan kalimat baper yang fenomenal "Jangan rindu, berat. Kau tak kan kuat. Biar aku saja." Itu, udah basi. Lagian, kasih tau itu Dilan, yang berat bukan rindu. Tapi ngerjain SKRIPSI. 

Dan sumpah, Dilan manis banget di film itu, apalagi tiap scene naik motor dan wajahnya di shoot close up dari depan. Terus muka Dilan yang kagok kalo digombalin balik sama Milea itu juga cute banget. Iqbal dan Vanesha sukses meranin Dilan Milea.


Source image: hype.idntimes.com
Ibid. 

Dan Beni, duh Brandon Salim jadi apa aja juga bikin suka. Jadi antagonis aja tetep suka. Brandon itu muka-muka anak pinter dan rich boy gitu. Dan actingnya emang bagus. Ini jadi bukti kalo dia memang aktor yang gak sekedar bawa nama besar bapaknya. Tapi aktor yang paling saya suka adalah Rifnu Wikana yang jadi Suripto, gak usah ditanya lagi lah aktingnya. Bagus banget. Tapi yang sedikit kurang pas, kayaknya cameo-cameonya kelewat cantik deh. Kalo Disa dan Airin boleh lah, karena adik pemeran utama yang kakaknya emang ganteng dan cantik.  Tapi Rani dan Wati? Yah bukan berarti pemeran pembantu gak boleh lebih cantik dari pemeran utama. Cuma yaa kadarnya harus dibuat lebih pas.

Terus yang bikin kurang sreg sih, menurut saya, setting 90-annya kurang dapet. Tahun 1990 yang dekat sama 1989, anak SMA-nya udah pada pake blush on sama eye liner yaa? Terus rambutnya di blow lagi.  Jadi terlihat ga alami anak sekolahnya. Maunya make up nya yang natural aja. Terus rambut era 90-an gimana sih?  Mungkin dibuat agak keriting gitu kali yaa. Terutama yang jadi Wati, kelewat cantik banget tapi aktingnya kurang atraktif. Pas adegan Wati mukul Dilan karena nggebrakin dinding kelas, mukulnya kayak sungkan gitu. Padahal mereka kan sepupuan. 
Kurang vintage 1990an. Source image:klikharry.com

Masak lebih jadul geng Cinta yang 2000an. (Source image:dailywuz.com )


Pakaiannya juga kurang vintage ala 1990. Baju-bajunya Milea masih kekinian banget. Maunya dia pake daster bunga-bunga gitu kali yaa. Cuma Beni yang pakaiannya pas sama era 90an. Terakhir, soal make up dan penampilan. Lukanya Dilan kurang banyak pas habis kelahi sama Anhar. Padahal kelahinya bisa dibilang cukup ngeri juga. Kepalanya Dilan sampe dihantemin ke tembok gitu masak lukanya cuma dibibir. 

Kekurangan lainnya, gak ada translate tiap  dialog bahasa sundanya. Yah Walau pun cuma sedikit, maunya tetep ada. Pencerdasan juga kan buat penonton. Dan kalo bisa, bahasanya sundanya dibanyakin aja kayak di novel. Itung-itung ngangkat bahasa daerah lah (berasa ngomong ke sutradaranya). Terakhir, tone gambarnya terlalu cerah yang kurang membawa ke suasana 90-an. Mungkin bisa dibuat kayak Film Habibie Ainun. 


 Atau hitam putih aja sekalian yaa. Source image: beritaoke.com



Dan batas 13 tahun ke atas harusnya sih ini 17 tahun ke atas kerena banyak adegan berantem, sama cerita pacaran yang lebih cocok buat hiburan orang dewasa. Daripada jadi tontonan anak SMA apalagi SMP. Takutnya jadi tuntunan kan? Anak SMP SMA itu bagusnya nonton film tentang pendidikan, mimpi, cita-cita yang bisa memotivasi dan banyak pesan moralnya macam Laskar Pelangi dan Rudy Habibie. Agak konservatif sih, tapi emang gitu harusnya. Mungkin pesan dari film ini adalah, "badboy boleh bego jangan" dan "gakpapa badboy asal gak playboy." 


netz.id
Film selesai. Balik lagi ke dunia nyata bahwa cowok kayak Dilan cuma ada di novel dan film.
Satu hal yang saya ambil dari film ini. Semua punya kisah untuk dituliskan. Kisah Dilan Milea jadi menarik karena dituliskan. Coba kalo enggak, ya itu hanya jadi kisah biasa antara mereka berdua saja. Coba kisah Pian dan Wati juga ditulis, pasti juga asyik.

Ingat iklan rokok: "Hidup terlalu singkat untuk membaca kisah orang lain. Tuliskan kisahmu sendiri!"


Bye,

Khajjar. R



Share:

0 komentar