GRILL BRO KITA KECE!

Halo semuaaaaa 🖐🖐
Selamat Hari Minggu. Semoga hari Minggu kalian berkualitas. 

Di blog kali ini saya mau cerita tentang pengalaman kerja di Grill Bro. Grill Bro adalah rumah makan yang menyajikan daging grill atau daging panggang. Kemarin saya ada nulis kan tentang pengalaman saya kerja part time. Nah, sebelum baca ini, ada baiknya kalian baca dulu blog sebelumnya,  >>http://khajjarrohmah.blogspot.co.id/2018/04/part-time-worker.html.<<

Bukan kelanjutannya juga sih. Tapi ada lah korelasinya. Yang kemarin itu saya cerita kenapa saya kerja. Kalo yang ini saya akan cerita bagaimana saya kerja. Dan kalo kalian gak cukup waktu atau gak minat baca, silakan skip aja. Karena ini bakal panjang. I swear!
 
FYI, saya udah resign sekarang. Karena mau fokus lagi nyusun skripsi. Dua bulan kerja kemarin, bener-bener terbengkalai. Dan sedihnya saya baru nulis ini ketika saya sudah resign. Semoga jadi kenangan baik untuk temen-temen saya, dan segenap keluarga besar Grill Bro, haha. 


***
Throwback dulu waktu pertama kali training kerja di Alaya, hal yang paling membuat saya excited adalah, kenalan sama tim kerja. Saya senyum-senyum sendiri waktu kenalan sama mereka. Karena itu adalah masa dimana saya belum bisa move on dari anak-anak Sketsa. Jadi kayak semangat aja lagi, keluar dari zona nyaman dan nyoba adaptasi dengan orang baru. Ngeliat sikap dan karakter yang beda-beda. Seru aja sih, nebak-nebak sikap dan karakter mereka satu per satu.

Kami kenalan sesama karyawan baru dan karyawan lama. Yang baru waktu itu ada saya, Maria, Justin, Incess, Mas Pandi, Ricky, Ima, sama satu cowok yang saya lupa siapa namanya. Yang karyawan lama, ada Mbak Nur, Son, dan Mbak Stella. 

Di awal-awal kerja itu saya ditraining untuk jadi waiter. Hal pertama yang diajarkan adalah, KITA HARUS BISA HAFAL MENU DI LUAR KEPALA. Saya hampir jadi kayak robot yang diformat hapal menu disistem. 


“Untuk menu Ala Carte kami punya 7 varian daging terdiri dari tiga sapi; Barbeque, Shoyu dan Bulgogi. Tiga ayam; rasa Original, Chili, Blackpaper dan satu udang. Menu premium beef ada Belly dan Brisket . Untuk menu paket, kami ada 4: Jomblo, Couple, Family dan Bigbro. Yang paling mahal itu paket Bigbro, untuk 4-6 orang harganya 160 ribu. Dapat 7 daging, 4 nasi, selada, jagung, keju dan sosis.” 
Itu semua harus kita hapal diluar kepala. 


Karena Grill Bro adalah resto yang menjual daging panggang, jadi kami belajar juga all varian daging-dagingnya. Harus bisa bedain mana Shoyu mana Barbeque atau mana Belly mana Brisket. 


Giliran udah hapal gitu, saya malah gak lama jadi waiter, karena diminta Kokoh jaga kasir. Ini lebih gila lagi sih. Karena walaupun keliatannya kerjanya gampang, Cuma duduk dan input pesenan, tapi pusingnya gak ketulungan. Apalagi saya gak ada basic jadi kasir sebelumnya. Jadi waiter juga sebenernya. Paling zero resume deh emang saya disana. But become a waiter is simpler than cashier I guess.  


Awalnya jadi kasir sih cuma sekedar bantu nginput pesenan. Tapi lama-lama, saya juga harus ngitung uang modal dan pendapatan. Uang dilaci dan disitem harus sama. Sumpah itu pusing banget. Kasir utamanya itu kalo pagi ada Mbak Fiken, kalo malam saya dan Kokoh sebelum ada kasir baru, si Elish. 


But over all, saya have fun loo kerja di sana. Karena sumpah kerja disana itu, fleksibel banget. Saya sering izin buat ke kampus yaa, dikasih. Telat gak dimarah. Dan lingkungan kerjanya seru banget. Karena orangnya gokil-gokil, rasanya setiap hari kayak sitkom. Ada aja hal lucu yang bikin ketawa.


Grill Bro ini adalah bisnis keluarga. Actually ownernya Kokoh, tapi dibantu sama keluarganya. Jadi tiap hari ada Papi Mami-nya Kokoh dan Vincent yang lucu banget. Ada sepupu kokoh juga, Ivan yang bantu bikin minum di bar. 

Vincent

Kiddos

Yang bikin saya nyaman juga kerja di Grill Bro itu karena bos kita baik banget. Kalau kalian baca “Part Time Worker” di blog sebelumnya, kalian mungkin akan mengira Kokoh itu adalah pria berumur 40 tahunan. Padahal Kokoh masih muda guys, kelahiran 1991 dan baru mau nikah tahun ini. Nama lengkapnya Youngky Effendi. Kita biasa manggil Kokoh atau Koh Youngky. Pengalaman baru juga buat saya, bisa kenal sama etnis Tionghoa. Dan keluarga Kokoh adalah pemeluk agama Kong Hu Chu. Ini bukannya SARA yaa. Saya seneng aja sih, kalo bisa bergaul dengan orang-orang yang backgroundnya totally beda banget sama saya. Kita jadi bisa belajar untuk saling menghargai.


Saya juga seprinsip sama beberapa hal yang diterapin di Grill Bro. Pertama, sistem kerja di sana itu kekeluargaan. Makanya Kokoh gak mau dipanggil bos, even though he is a boss. Kita semua manggilnya Kokoh yang artinya kakak (laki-laki). Kokoh pernah bilang, “Bos itu ngajarin, bukan marahin,” bener banget sih. Kokoh gak pernah loh marah. Kalo ada yang gak beres dikit atau ada karyawan yang bikin salah dia langsung kasih tau baik-baik. Gak pernah ngomel atau bentak-bentak gitu. 


Kedua, kokoh loyal banget sama tamu, dia gak kaku sama aturan yang dia buat sendiri. Contoh, dia ngasih tau waiter kalo nasi itu cuma bisa diganti sama tauge, selada dan jagung. Tapi riil-nya ketika ada tamu yang minta ganti jagung ke selada yaa dikasih aja sama Kokoh karena dia mentingin kepuasan customer. Itu hal yang saya terapin juga di organisasi dulu, aturan jangan dibuat kaku fleksibel aja sesuai kebutuhan. 

Kokoh juga menghapus batas antara karyawan dan bos dengan komunikasi yang informal. Dia gak pernah bilang "saya dan kalian" tapi "aku dan kamu." Entah yang lain, atau Kokoh sendiri menyadari atau enggak, tapi interaksi macam gitu yang bikin nyaman satu sama lain. Karena "aku dan kamu" itu menunjukkan kita dekat dan setara. Habis itu saya sadar, selama ini saya sok formal banget di organisasi.




Temen-temen di Grill Bro juga gak kalah asyik. Mereka semua punya kepribadian unik dan selera humor yang tinggi. Jadi kerja kita gak tegang. Pertama yang paling unik sih Incess. Nama aslinya Henry atau Hendrik, dipanggil incess karena dia punya dua kepribadian. Kadang cowok kadang cewek. Dia manggil semua orang di resto dengan panggilan yang sama “baby honey” jadi kadang kita gak tau yang dia panggil itu sebenernya siapa. Misal kita lagi ngumpul di dapur, terus dia teriak dari luar, “babyyyy hoooneeeeyyyyyy,” all of us really don’t know who he's calling to.


Dan dia selalu ngomong pake bahasa inggris yang cuma dia sendiri yang ngerti maksudnya. Kayak dia sering nanya,
“Baby, are you funny?” maksudnya “are you fine?” 

Terus kalo dia lagi ngomong, dan ada yang nanya, “ngomongin apa?” dia bakal jawab ketus “don’t follow mix!” maksudnya “Jangan ikut campur!” 


Beberapa berusaha menganggap dia sebagai cowok dengan manggil nama aslinya, Hendrik. Dia kadang juga bisa bersikap like a real man banget sih. Kayak kalo pas lagi angkat galon, atau mukulin es batu, “Honey, sini aku aja yang angkat galon, aku kan cowok,” atau kalo lagi nyuruh makan, “Honey makan aja duluan, kamu kan cewek, aku kan cowok.” Tapi lucunya, Incees itu gak bisa dikasarin dikit. Kalo ada yang marahin dia, dia bakal ngembek dan bilang, “Aku tuh gak bisa dikasarin,” Laaaah, cewek banget ini mah. 


Terus ada, ini banyak sih kalo diceritain satu-satu. Mas Adi yang nga-Kak-in banget. Karena emang dia yang paling tua di antara kami, dia manggil kami semua “Dek,” walaupun saya sempat gimana gitu pas panggilan itu  ditujuin ke Incess. 


Mas Randy, yang paling sering saya suruh-suruh. Karena mukanya emang enak banget dimintai tolong. Misal, “Mas Randy tolong dong pukulin es batu,” terus dia bakal jawab “Loo es batunya salah apa mbak, kok dipukulin?” 


Maria, sahabat saya yang barengan masuk Grill Bro. Cewek gokil asal Flores yang selalu bilang dia udah cantik tanpa dandan. Padahal, dia gak ngaca aja, kalo udah jam closing, muka capek dia itu kayak cewek abis kesetrum. Rambutnya kaku, mukanya pucat. Tapi saya kagum banget sih sama dia. Jadi cewek strong banget, kerja siang malam tapi masih sempat ke kampus buat bimbingan. Dan dia udah pendadaran sekarang. Padahal angkatannya di bawah saya. Sering dipanggil Marquez, karena kalo naik motor laju banget kayak pembalap. Salah satu mimpi dia adalah menjadi seorang biarawati. Makanya sikap dia juga dewasa banget. Kalo kami make wifi resto buat dengerin musik di Youtube, dia nonton debat presiden di Mata Najwa. 

Ini Maria. Sebenernya nama asli dia, Yolant Ndoya, tapi dia suka dipanggil Maria karena salah satu mimpinya jadi biarawati.

Terus kita juga punya nama-nama panggilan yang kita ambil dari tokoh-tokoh Disney. Saya Smurf, karena sering pake sepatu kebesaran. Aldo, Piglet, karena dia gendut lucu kayak babi pink di Winnie the Pooh. Dan Maria oke-oke aja lagi waktu kita panggil Princess Fiona. Sebenernya dia tau gak sih rupa Princess Fiona itu gimana? 


Di Grill Bro juga banyak banget yang ternyata temen satu kampus. Ada Mbak Stella dan Mas Bambang, Jurusan Agroekoteknologi Faperta. Monika, Sastra Inggris FIB. Kami berdua sering saling curhat pake Bahasa Inggris. Her English is really good. Aldo, Ilkom Fisip. Terus ada Pius, Pendidikan Sejarah, FKIP, dia anak organisatoris juga. Jadi kadang kami suka ngomongin masalah-masalah kampus gitu. Ada juga yang kuliah di IAIN kayak Mas Pandi dan Denny. Kami semua adalah mahasiswa ‘part time worker’

Maaf yaa gak bisa diceritain detail satu persatu. Tapi percayalah kalian semua terkenang dengan baik di memori saya.Thanks for all the joy, fun, and crazy things that we've made. You guys are unique and special in your own way. I will never forget all of you and see you guys… cause I hate saying good bye.


Smurf,
Khajjar. R


*For more images, please scroll down. Thanks














He aint best friend. He's bossfriend 





Share:

2 komentar

  1. Tapi di sketsa pake 'saya' tuh dah biasa aja eh 😅.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Now and next, gak ada lagi 'saya' dan 'kalian' hanya ada aku dan kamu. Tsah

      Delete