15 TH OCTOBER

Hari ini Qori’ genap umur 16 tahun. Qori’ ini adik saya, nama lengkapnya Qoriatul Hidayah. Lahir
15 Oktober 2001. Saya memang cuma punya satu adik. Kami selisih 7 tahun, tapi sekarang udah gak keliatan selisihnya karena udah sama-sama gede. Bahkan badan dia lebih tinggi daripada saya. Saya percaya, adik selalu lebih cantik dari kakak, jadi saya gerasa lebih cantik dari Mba Luluk, tapi Qori’ lebih cantik dari saya.

Dia itu beda sendiri diantara kami kakak-kakaknya. Saya dan Mba Luluk itu ceriwis, dia pendiam. Kami itu ekspresif, dia datar. Kami itu feminim dan girly banget, dia tomboy. Pas kelas 6 SD udah bisa naik motor cuma diajarin sama temennya. 

Qori’ ini termasuk berprestasi di sekolah. Sejak di Sekolah Dasar (SD) dia selalu juara 1. Kayak Mba Luluk. Saya-nya enggak. Waktu dia TK, kalo ditanya cita-citanya dia bilang mau jadi Guru TK, pas SD, Guru SD. Udah SMA gini, malah bingung dia mau jadi apa. 

Dia kan anak terakhir, jadi kami sekeluarga itu protective bahkan bisa dibilang over sama dia. Contohnya, pas kami sekeluarga itu baru tau kalau dia pacaran. Kami semua shock, lebih tepatnya khawatir. Pergaulan anak jaman sekarang kan ngeri yaa. Apalagi kalau udah berani pacaran. Walaupun menurut sebagian orang sebenernya hal macam gitu normal buat remaja. Romantika remaja. Kayak gak pernah muda aja yaa kan?!. Tapi tetep, buat keluarga kami, itu dosa. Itu gak bener!

Meski shock, masing-masing kami punya cara berbeda dalam bersikap. Mamak, paling tegas. Tanpa tapi, 'pokoknya harus putus'. Saya, sama shocknya. Shock karena saya ngerasa dikalahin sama adik, "saya aja udah 23 tahun belum pernah pacaran," haha, eh enggak ding. Pokoknya shock aja. Saya ngerasa gagal jadi kakak. Selama ini mungkin saya sok sibuk dengan urusan sendiri, sampe gak perhatiin Qori tumbuhnya gimana. Cuma, saya gak berani ngomong langsung ke Qori, karena kalo saya ngomong, niatnya sih nasehatin, tapi entar ujung-ujungnya sih pasti ngomel. 

Mba Luluk yang selalu dewasa sih woles aja, dia nasehatin Qori baik-baik. Dikasih penjelasan, gak bagusnya pacaran itu gimana, apa yang harus dilakukan selagi muda, sekolah, belajar, kejar cita-cita, dan banggain orang tua. Bapak yang paling sayang sama Qori, juga diem aja. Gak marah atau gimana. Malah di hadapan keluarga Bapak sok santai aja gitu. Malah Bapak bilang ke saya gini, "Kamu nih lebay, baru juga pacaran gitu, dah heboh."
Padahal tanpa sepengetahuan kita, ternyata Bapak sampe datangin rumah temennya Qori, buat nanya pacarnya Qori itu anaknya gimana. Jadi siapa yang lebih heboh? 

Terus endingnya, karena Qori' anak yang baik, demi keluarga, dia putuskan pacarnya. Kasian juga sih, tapi ya gak papa lah namanya juga demi kebaikan. Semoga Qori' menyadari bahwa semua yang kami lakukan, itu demi kebaikan dia.

Dia baru masuk SMA tahun ini. Masuk SMAN 1 di kabupaten. Jadi tinggalnya ngekos. Pulang tiap minggu. Sebenernya maunya keluarga, dia itu mau dimasukin pesantren. Kayak saya dan Mba Luluk dulu. Tapi dianya gak mau, emang dasarnya dia beda terus. Dan karena dia itu kalo ngambek diem, itu lebih menyeramkan dari pada saya sama Mba Luluk, ya udah akhirnya kita ngalah, nurutin dia mau sekolah dimana. 

Pernah pas lagi makan sahur di bulan Ramadhan, sebelum masa pendaftaran sekolah, Mamak nanya ke dia, "Kenapa sih Ri' gak mau masuk pesantren," bukannya jawab, dia taruh piringnya dan langsung masuk kamar. Gak jadi sahur. Coba. Saya yang agak diktator maunya maksain dia biar masuk pesantren, toh saya dulu juga dipaksain. Tapi Mba Luluk yang bijaksana, melarang itu. Dan nurutin maunya Qori' buat sekolah di SMA Negeri. "Biarkan dia belajar bertanggung jawab dengan pilihannya sendiri," kata Mba Luluk.

Akhirnya Qori' masuk SMAN 1 di Kabupaten. Kebetulan pas daftar saya yang nemenin. Berkas dia siapin sendiri. Saya tinggal antar. Pas daftar sekolah, saya baru tau kalau ternyata siswa baru langsung pemilihan jurusan. Soalnya jaman saya dulu penentuan jurusan itu baru di kelas 2. 

Penentuan jurusan dipilih sendiri oleh siswa dengan pertimbangan nilai. IPS berkas pendaftaran di map kuning dan MIPA di map merah. Saya kaget ternyata Qori' nyiapin berkas dalam map kuning. Karena dia tidak memberikan jawaban rasional pas saya tanya kenapa dia milih IPS, saya ambil berkas pendaftran dia, dan saya ganti mapnya jadi map merah. Saya masukin dia ke MIPA. Paling enggak, dia harus sedikit diatur setelah bebas memilih sekolah. Jangan semua dibebasin. Lagian nilai dia emang lebih dari cukup untuk daftar di MIPA. Kenapa harus disia-siakan masuk IPS. 

Terakhir saya baru tau, ternyata dia milih IPS karena katanya pengen kuliah di Jurusan Hukum. Terus saya bilang, kalau MIPA mah bebas mau kuliah jurusan apa juga. Buktinya saya juga dari IPA dan kuliah di FISIP. Kadang saya ngerasa agak bersalah sih, maksain dia ke MIPA. Jadi kesaanya dia kayak terpaksa gitu, takut dia nanti tertekan dan stress. Tapi mudah-mudahan tidak. Semoga Qori' makin jadi pintar karena otaknya terus mikir rumus Fisika dan Matematika. Serta berkah ilmunya karena dia menuruti nasehat Mbaknya yang cantik, wkwkwkwkw.

Karena dia sekolah di Kabupaten, untuk tinggal dia kos. Kadang saya kasian. Dia baru SMA udah ngerasain nge-kos, yang masak sendiri dan tiap hari mikir besok makan apa? Saya pas seumuran dia, cuma fokus belajar doang. Karena di pesantren kan serba ada, makan tinggal tunggu lonceng dari dapur. Kuliah gini juga saya tinggal sama keluarga, gak ngekos, jadi gak perlu masak sendiri dan mikir besok makan apa. 

Makanya saya kagum sama dia, dia itu lebih mandiri dan dewasa dari apa yang saya pikirkan. Meski kalo dinasehatin dia itu diem aja, tapi dia mendengar dan memikirkannya. Contoh, saya nasehatin dia selama SMA untuk aktif di OSIS, Rohis, dan eskul lainnya. Dia pas di kasih tau diem aja tuh, tapi berapa bulan kemudian dia WA saya kalau dia maju sebagai kandidat Ketua OSIS. Walaupun gak menang. Ya maklum kan masih kelas satu. Saya aja gak nyangka dia maju secepat itu. Dia juga lapor kalo di sekolahnya itu tiap pagi ada jadwal shalat dhuha dan tadarus. Lalu tiap Jumat ada dzikir bersama. Dan yang terpenting dia udah jadi anak Rohis. Hamdalah. Maksudnya dia itu mau ngabarin, meskipun gak sekolah di pesantren, lingkungan dia juga cukup agamis. 

Terus dia juga gabung di Pramuka, gara-gara saya bilang anak pramuka itu keren. Padahal saya cuma bilang gitu doang. Gak maksud nyuruh dia masuk Pramuka. Tapi selama itu positif, ya bagus. Dan kayaknya dia emang nikmatin. 

Oke, itu sedikit cerita tentang Qori' yang sekarang lagi ulang tahun ke-16. Semoga dia jadi anak sholehah, cerdas dan sukses dengan cita-citanya. Sehat fisiknya, bahagia hatinya, cantik wajahnya, rajin ibadahnya dan selalu jadi kesayangan keluarga. Ammmmiiiiiin. 

Saat libur lebaran di Tenggarong

Qori' (kanan) di halaman sekolah

Kids jaman now, selfie jadi skill

Qori' dengan seragam Pramuka

Qori' (tiga dari kiri) dalam kegiatan Pramuka


Love

Mbak Ajar


Share:

0 komentar