PART TIME WORKER

Source Image: www.differencebetween.info

Sejak 23 Februari 2018, officially I had becoming a part time worker, yeay!!!
Saya excited banget waktu memulai ini, karena sebenernya dari dulu pengen banget ngerasain kuliah sambil kerja. ‘Anak kuliahan yang ambil kerja part time.’ Itu kedengarannya keren bangeeet.          

Tapi karena saya dulu udah kelewat sibuk di kuliah dan organisasi, jadi yaa gak sempet buat kerja. (Makanya saya kagum sekali, sama mahasiswa yang bisa kuliah, sambil kerja dan organisasi. Itu hebat banget sih bagi waktunya-pikirannya- dan posisinya.)

Selain itu, selama kuliah Alhamdulillah emang uang saku cukup-cukup aja buat hidup. Jadi yaa gak butuh-butuh banget buat cari penghasilan tambahan dari tempat kerja. 

Nah, sebulan lalu, saya lagi butuh duit banget, buat ngelunasin denda buku di Pusda (Perpustakaan Daerah). Saya ngerasa bertanggung jawab untuk melunasi pake duit saya pribadi. Gak minta uang orang tua. Karena kalo minta, yaa dikasih sih, tapi pasti kena omel dulu. Lagian, bulan Januari itu, saya udah ngabisin banyak duit orang tua. Bayar UKT, denda pajak motor, uang sangu, uang keperluan sidang 1, de el el. Aduuuuh, masak Februarinya minta duit lagi buat bayarin keteledoran saya karena lambat balikin buku. (Anak tau diri)

Denda buku saya di Pusda itu, hitung aja yaa sendiri. Saya punya 3 buku yang telat balikin 900 hari. Denda yang harus saya bayar adalah 3 ribu x 900 hari : 50 persen. Jadi saya putuskan, saya harus kerja. Minimal kalo part time, kerja sebulan dappaat laah yaa buat lunasin buku. 

Dan lagi waktunya juga pas banget buat ambil kerja. Pertama saya udah gak ada kuliah, skripsi lagi ditengah-tengah bab 2-3, bisalah dibawa agak santai dikit, dan kebetulan udah gak aktif organisasi. Pas banget. Dan lagi saya bisa menyalurkan hasrat ‘ingin kerja’ yang dari dulu pengen saya lakukan. Dan  how lucky I am- nya lagi, saya dapet kerja yang enak banget, untuk ukuran pemula kayak saya. Bosnya baik, dan kerjanya fleksibel. Seminggu bisa ambil off sekali. 

Saya percaya, dalam setiap usaha yang kita lakukan, ada tangan Tuhan yang membantu. Saya dapat kerja itu muluuus banget. (Tuhan membantu niat baik hambanya yang gak mau nyusahin orang tua). Padahal dulu, waktu semester 7, saya pernah nyoba cari kerja, waktu mau ngelunasin ‘hutang luar negeri.’ Udah masukin lamaran kemana-mana, gak ada satu pun panggilan kerja yang datang. (Tuhan belum bantu, karena mungkin “belum saatnya” atau niatnya kurang kuat)

Nah, yang ini, cuma tau info dari temen aja, langsung interview dan mulai kerja. (Perlu diceritain gak?) yaudah ceritain aja untuk mengenang jasa temen saya yang ngasih informasi maha berharga ini. Jadi waktu itu saya lagi  nongkrong di Prodi, pas lagi rajin-rajinnya bimbingan. Saya ketemu temen sekelas yang lagi ngajuin judul skripsi, namanya Elida. Awalnya cuma iseng nanya aja,

“Kok baru ngajuin judul? Sibuk ngapain aja?” (basa-basi)
Elida: “aku kerja. Sudah setahun terakhir ini,”
 “Oh dimana?” (mulai kepo)
Elida: “di Alaya,”
“Ooooooooh.” (kebanyakan ‘oooh’ yaa) “Eh aku pengen juga dong kerja, ada info lowongan nggak?”
Elida: “Emmmm ada nggak yaa?” (sambil mikir bentar. Untung gak lama) “Eh ada nih, Jar. Di Grill Bro, kayaknya mereka lagi cari karyawan baru deh. Entar aku tanyain yaa,”
“Grill Bro?” (Namanya aja saya baru denger, tapi karena saya tau itu model rumah makan panggang-panggangan gitu, kayaknya asyik juga. Boleh lah.

Sudah deh. Habis percakapan singkat di prodi itu, kemudian urusannya cepet dan lancar jaya. Saya cuma antar berkas, langsung wawancara, dua hari training dan 3 hari kemudian fix mulai kerja part time jadi waiter di Grill Bro. 

Dan terrnyataaaaaaa jadi waiter itu, capek juga. Seminggu kerja, rasanya saya mau berhenti. Nggak, saya gak sanggup. Pertama capek, lima hari pertama, kaki saya kerammmmmm gak bisa gerak. Mungkin karena kaget. 10 jam berdiri dan jalan bolak-balik taking order. Kedua, awal-awal kerja, kayak ngerasa gak cocok gitu sama temen kerja. Dan masih ada ego, “saya gak kerja juga gak papa kok, orang tua saya masih mampu kasih duit,” (langsung lupa niat).

Tapi akhirnya, yang bikin saya bertahan itu, adalah cerita-cerita inspiratif dari Kokoh tentang masa kuliah dia yang full of experiences sebagai mahasiswa  ‘kuliah-kerja.’ Karena saya sering bantu di kasir sama Kokoh, dan dia sering cerita-cerita random gitu. Oh yaa, Kokoh ini, ownernya Grill Bro. Bos saya. 

Dia bilang gini, “Kerja itu, bukan cuma sekadar dapet capek terus terima gaji. Tapi kerja itu bangun mental. Mental  di bawah pressure bos, mental dimarahin temen kerja. Karena kalo kita gak biasa kerja, nanti ngalamin gitu bakal kaget, gampang down. Aku punya temen yaa, dulu pinter banget di kelas. Tapi sampe sekarang dia belum dapat kerja, bukan karena dia gak ada skill, tapi dia gak ada mental. Dia gak bisa dimarahin orang, gak bisa dikritik.” Saya jadi ngerasa kesindir banget.

Dan saya liat Kokoh, untuk dapat posisi dia sekarang, dia udah pernah laluin yang kami kerjakan sekarang. “Aku yaa, pernah kerja di resto hotel, jadi assistant chef. Kedengeranya keren kan? Padahal aku cuma jadi kacung, cuma nunggu perintah. Aku juga pernah kerja di toko roti, kerjaan aku cuma angkat karung tepung, terus nyaringin tepungnya. Tapi aku bertahan. Karena itu yang membentuk mental kita.” Huht keren. 

Abis itu saya jadi sadar gitu, Gak ada sukses yang instan. Semua butuh proses. Dan dimulai dari nol. Jadi rasanya, saya yang baru ngerasain 0,01 persen dunia kerja, kayak naïf aja gitu, cuma alasan capek, terus nyerah. Dan berhenti kerja cuma karena gak nyaman sama temen, duh receh banget. Sedangkan yang kita pelajari akan lebih banyak. Sama kan kayak organisasi, kalo kita keluar dari organisasi Cuma karena alasan itu. Yaa receh banget.
Lagian yaa gak nyaman sama temen itu cuma perlu adaptasi. Nyatanya rasa gak nyaman itu cuma lewat seminggu. Sekarang udah cocok-cocok aja. Dan lagi, orang itu kan hatinya berubah-ubah. Selama kita bersikap baik, yaa orang pasti baik juga lah ke kita. Yah, kecuali orang yang ada iri dengki dihatinya. 

Dan gak terasa kan saya udah sebulan kerja. Udah dapet gaji dan udah ngelunasin denda buku. Harusnya misi saya selesai. Tapi saya tetep kerja ambil weekend karena masih mau banyak belajar lagi. Banyak nilai-nilai lebih, yang saya dapat selama saya kerja. Lebih dari sekedar teknik jadi waiter, how to taking order or serve customer. Tapi lebih dari itu. Semua pekerjaan itu sama, membutuhkan keuletan, kerja keras, dan integritas. Mengukur derajat orang dari jenis pekerjaan atau berapa penghasilan yang diterima, itu picik sekali. Gak ada kok bedanya penjual pentol sama pegawai kantoran, penyapu jalan sama petugas SPBU. Tukang parkir sama polisi. Waiters sama jurnalis. Selama pekerjaan itu halal, dan tidak merugikan orang lain, itu adalah pekerjaan yang mulia.

Semangat para mahasiswa 'kuliah-kerja' di luar sana. Kalian harus bangga, karena kalian bisa mandiri dan berdikari tapi tetap tidak lupa pada study. 








Minjem jargonnya 1000 Guru Samarinda
Jabat Erat,

Khajjar R

Share:

2 komentar

  1. Mantap kak. Semangat kerjanya dan jangan lupa selesaikan skripsinyaaa^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiiiiiiiii Kiiiiiii. Iya, mau resign dah. Back to SKRIPSI hakhak

      Delete