KERETA API TUUUT....TUUUUT....TUUUUT


Satu-satunya transportasi darat yang langka, asing dan belum pernah gue naikin adalah
kereta api (KA). Langka karena di Indonesia, setau gue kereta api cuma ada di Jawa dan
beberapa kota di Sumatera. Di Indonesia bagian tengah, seluruh pulaunya gak ada yang 
dilintasi kereta api termasuk provinsi gue di Kalimantan Timur (Kaltim). Dan gue fikir itu 
juga berlaku di Indonesia bagian timur. 

Selama ini gue liat kereta api hanya di film-film. Terutama film Harry Potter yang setiap 
sekuelnya pasti ada adegan naik kereta api. Jadi pas gue punya kesempatan naik kereta 
api beneran, gue ngerasa gue bakal ke Hogwarts.
Kereta api Harry

Pengalaman gue naik kerta api ini berawal ketika gue les bahasa inggris di Pare, Kediri 
bulan agustus 2015 lalu. Gue emang udah niat, selama di Jawa pokoknya harus ngerasain 
naik kereta api. Karna di kalimantan gak ada. Dan gue katro banget kalo ngeliat kereta 
api. Makanya harus coba naik. 

Rencana naik kereta api, gue rencanakan untuk perjalanan ke ke Kota Malang, kebetulan 
ada sepupu gue yang kuliah disana. Tapi sebenernya, alasan utama memang untuk naik 
kereta. Jadi perjalanan ke Malang ini adalah pengen naik kereta api berkedok 
mengunjungi saudara. Soalnya destinasi tujuan yang dapat dilewati dengan kereta api,
pasti ke luar kota. Gak ada kereta api cuma keliling Kediri!

Tapi, gue gak pengalaman sama sekali yang namanya naik kereta, gue gak tau harus 
mulai darimana? gimana mesen tiketnya, langsung ke stasiun atau gimana. Gue 
bener-bener gak tau!!! Akhirnya gue nanya temen-temen se-camp yang asli orang Jawa 
dan biasa pulang pergi naik kereta. Ternyata tiket kereta api bisa di booking secara online 
atau beli di Indomaret. 

Pemesanan tiket kereta api bisa di booking secara online di web resmi PT. Kereta Api Indonesia atau tiket.com . Gue coba online, untuk tujuan Kediri-Malang harga
tiket ekonomi paling murah dapet 99 ribu. Gue gak mau gegabah. Gue harus mikirin 
matang-matang pembelian tiket kereta api pertama kalinya dalam hidup gue ini. Jangan 
sampai sejarah naik kereta api nanti jadinya gak enjoy cuma gara-gara gue dapet tiket 
yang lebih murah setelah gue booking tiket via online. 

Jadi gue coba nanya harga tiket kereta api di Indomaret. Padahal Indomaret itu jauhnya 
sekitar 1 km dari camp. Dan gue harus ngayuh sepeda kesana malam-malam. Ternyata di 
Indomaret, harganya sedikit lebih mahal. Paling murah 100 ribuan keatas, untuk sekali 
jalan. Opsi terakhir gue nanya di travel, gak beda jauh juga tapi malah lebih mahal. 

Setelah survei harga tiket kereta api di tiga tempat, secara online, Indomaret dan travel. 
Akhirnya gue putuskan untuk memilih naik mobil travel aja ke Malang. Lemez gue 
lemezzzz. 

Karena setinggi apapun impian gue buat naik kereta, gue harus kembali pada realita. Gue
hidup sangat ekonomis di Jawa. Kalo gue tetep bela-belain naik kereta ke Malang. Itu 
sangat gak efisien. Karena naik kereta itu lebih mahal daripada naik mobil travel yang  
cuma 80 ribu. Terus kalo naik kereta gue harus ke stasiun, sedangkan kalo pake travel 
gue langsung dijemput ditempat dan diantar ke lokasi tujuan sampe depan pintu.


Jadi, gue pergi ke Malang tanpa kereta api. Saking pengenya naik kereta api, selama di
Malang gue pergi ke stasiun buat ngeliat kereta api dari dekat. Ke jembatan nungguin 
kereta api lewat dan ngeliatin rel-relnya. Gue kayak orang yang lagi jatuh cinta. Tapi jatuh
cintanya sama kereta.

Sepanjang perjalanan pulang Malang-Kediri, gue tetep bertekad. Gue harus naik kereta
api gue harus naik kereta api! 
Seminggu setelah kepergian gue dari Malang, tiba-tiba gue dapat sms horor yang
mengaharuskan gue untuk pulang ke Samarinda. Padahal jadwal les gue masih seminggu
lagi. Setelah berfikir panjang, akhirnya gue milih untuk pulang. Dengan tekad, someday I
must be here again. 

Dalam persiapan kepulangan, satu hal yang gue ingat. Astaga, gue belum naik kereta. 
Gue harus naik kereta sebelum gue pulang ke Kalimantan. Waktu itu gue masih punya
waktu 2 hari sebelum kepulangan. Gue berfikir keras, gimana caranya 2 hari yang tersisa
di Jawa, gue bisa naik kereta. Seperti yang gue bilang sebelumnya, naik kereta berarti
harus keluar kota. Karena gak ada kereta yang keliling Kediri doang. Akhirnya gue punya
ide gila. Gue booking pesawat tujuan Balikpapan tapi berangkatnya dari Jogja. Cuma
demi naik kereta. 

Tanpa berfikir ulang, gue booking tiket ka via online tujuan Kediri-Jogja. Bismillah, jangan
sampai ada kesalahan. Untungnya kemudahan booking di tiket.com sangat membantu
proses pemesanan tiket ka yang pertama dan akan menjadi sejarah di hidup gue. Dengan
fasilitas wifi di camp yang kenceng dan atm yang dekat, semua terasa mudah. Oh jawa,
aku mau tinggal disini saja. 

Gue udah perhitungkan matang-matang dengan kenekatan seribu persen. Gue sudah
harus berada di Samarinda Minggu, Jumat pagi gue booking tiket pesawat dan kereta.
Jumat siang kereta gue berangkat menuju Jogja. Sampe jam 7 malam, Sabtu siang
penerbangan ke Balikpapan, sabtu malam gue sudah tiba di Samarinda. Dan minggu pagi
gue sudah bisa melaksanakan agenda gue di Samarinda. Mantap. 

Langkah berikutnya gue hubungin temen gue yang di Jogja, buat ngasih gue tumpangan
tidur untuk satu malam. Dengan alasan gue mampir ke Jogja untuk mengunjunginya
sebelum balik ke Kalimantan. Jadi, ini perjalanan pengen naik kereta api berkedok
mengunjungi teman jilid dua. 


Di kediri ada dua stasiun kereta, Stasiun Besar Kediri (KD) dan Stasiun Papar (PPR) . Gue di stasiun 
KD. Dari camp gue di Desa Tulungrejo Kecamatan Pare butuh waktu kira-kira 1 jam
menuju stasiun besar kediri. Untuk menuju kesana gue naik becak motor. lagi-lagi
pertimbangan kendaraan macam becak motor gak ada di kalimantan jadi pertimbangan
gue. Padahal biaya naik becak motor sampe ke stasiun kediri itu 70 ribu rupiah
sedangkan kalo gue naik angkot cuma 25 ribu. Tapi karena itu adalah my last day in Java I
think its fine. 

Sepanjang perjalanan di becak motor, si bapak pengendara becak bercerita panjang lebar,
kalau dia pernah tinggal di Banjarmasin dan Sangatta dan punya anak yang bekerja di
Korea Selatan. Sementara itu gue ketakutan naik becak motor karena rasanya,
gerobaknya kayak mau terpisah dari motornya. Weeee enggak kebayang kan kalau
ketakutan gue beneran terjadi. 
Sampai dengan selamat naik becak motor


Sesampai di stasiun kereta, gue langsung check-in penerbangan eh perjalanan gue. Gue
gak tau apa ini berlaku di semua stasiun, tapi di stasiun kediri kita melakukan check-in
sendiri di sebuah mesin sebesar ATM dengan layar monitor seperti komputer yang
langsung dilengkapi alat pencetak tiket. Kamu tinggal memasukkan kode dalam e tiket
dan keluarlah tiket sebenarnya. 
Tiket sudah siap!


Stasiun kediri gak terlalu besar, bersih dan modern. Sudah ada kedai roti O juga disana,

berasa di bandara. Dan para staff stasiun yang disebut porter dengan cekatan selalu

membantu penumpang untuk membawa barang dan mengarahkan untuk check-in dan
antri. Termasuk gue yang masuk stasiun dengan wajah bingung. Gue kagum loh dengan
porter di stasiun kediri. Mereka kerja dengan penuh sahaja. Mereka membantu  penumpang membawakan barang-barang berat mereka termasuk barang-barang gue tanpa meminta upah tambahan. 
Porterku


Karna gue ngerasa terbantu banget dengan porter-porter itu, terutama porter yang nebawain barang-barang gue. Jadi gue kasih tip sambil mengucapkan terimakasih. Eh tapi tip gue ditolak, bapak porter itu menjawab “kami sudah dibayar untuk ini nak, jangan khawatir. Itu buat jajan aja di jogja” ah gue mau nangis rasanya. Di negeri yang tingkat korupsinya tinggi ini masih ada loo bapak yang bekerja dengan hati iklash. Itu kenapa gue senang berpetualang, karena diperjalanan gue pasti ketemu orang-orang luar biasa yang menginspirasi. 

Oke balik ke kereta api, gue naik di gerbong A. Gerbang paling depan dekat lokomotif. Istilah-istilah kekereta apian yang gue pelajari dalam buku bahasa Indonesia kelas 3 SD baru bisa gue temui secara langsung pas gue semester lima perkuliahan. Kereta api, lokomotif, masisnis, stasiun, rel, tuut tuut. Haha

Gue duduk bersama 3 cewek cantik yang berasal dari kampung inggris juga. Dan bisa jadi, satu gerbong bahkan satu kerta api ini 80 persen anak pare semua. Karena sudah jadi kebiasaan anak Pare n=untuk liburan keluar kota saat weekend. 

Temen duduk gue di ka ada adiba dan devi tujuan bandung dan mbak cantik yang gue lupa namanya tujuan jogja. Jadi ternyata ka itu berjalan gak satu tujuan aja. Misalnya kereta yang gue naikin waktu itu, meskipun tujuan gue jogja ternyata ka ini berjalan terus sampai bandung bahkan jakarta. Ka akan berhenti disetiap stasiun yang dilewati termasuk di jogja tujuan gue. Disitulah penumpang naik dan turun. Dan disitu gue baru paham lagu anak-anak berjudul kereta api 

Naik kereta api tuut tuuut tuut 
(tuut tuut tuut ternyata suara klaksonnya bukan suara ka nya)
Siapa hendak turut ke bandung, surabaya
(tuh lebih dari satu tujuan)
Bolehlah naik dengan percuma
(gak boleh, tetep bayar)
Ayo kawanku lekas naik 
Keretaku tak berhenti lama
(nah baru paham artinya lirik terakhir, bener gak berhenti lama wong cuma transit di setiap stasiun)

Karena cuma sebentar untuk pemberhentian di setiap stasiun, kita harus hati-hati. Jangan sampe ketinggalan kereta pas keluar untuk liat-liat stasiun. Kayak gue waktu itu. Yang hampir ketinggalan kereta karena keluar untuk shalat ashar di stasiun madiun. 

Perjalanan gue selama 5 jam di kereta api gak terasa banget. Gue nikmatin setiap perjalanan. Indahnya hamparan pulau jawa, kebun dan sawahnya. Desa-desa di jawa kurang lebih dengan desa di kalimantan. Hanya bedanya, jalan-jalan tanah di pedesaan jawa dilintasi rel kereta api. Di desa gue di kalimantan jalan tanah adalah akses utama menuju desa. 

Akhirnya nyampe juga gue di stasiun jogja yaitu stasiun tugu. Sesampai di jogja gue gak keburu pergi keluar stasiun. Gue pandangin kereta gue sampai dia pergi hilang dari pandangan. Kasian, perjalanan yang melelahkan. Kalau gue jadi kereta hidup gue pasti bosan banget. Selalu melewati rel yang sama setiap hari, pulang pergi bolak-balik. 

Setelah kereta gue menyampaikan salam perpisahanya “tuuut-tuuuut-tuuuut” untuk melanjutkan perjalanan ke stasiun berikutnya, gue juga pergi. Besok, gue bisa pulang ke Kalimantan dengan tenang. Terimakasih KA telah mengantarku menyapa Jogja di malam hari. Welcome to Jogja! Yeay

Share:

0 komentar