GENBI: GET SCHOLARSHIP GET FAMILY



Haloo Genbiers seluruh nusantara, terkhusus Genbi Kaltim^_^.
Ditulisan saya kali ini saya akan berbagi cerita tentang Genbi Kaltim sebagai ucapan terakhir dan salam perpisahan untuk satu tahun kebersamaan di 2016. Buat yang belum tau, jadi Genbi itu adalah singkatan dari Generasi Baru Indonesia sebuah komunitas penerima beasiswa BI (Bank Indonesia) yang dibentuk tahun 2011. Saat ini ada 88 Genbi se-Indonesia, yang diklasifikasi secara regional -termasuk Genbi Kaltim-. Genbi Kaltim sendiri baru terbentuk 2 tahun lalu di 2015. 
 

 LAST BUT NOT LEAST

Sebenarnya saya sudah lama mau nulis tentang Genbi dari awal saya dinyatakan lolos beasiswa BI, sekitar akhir Februari atau awal Maret 2016 –saya agak lupa-. Tapi karna waktu itu sibuk untuk persiapan keberangkatan ke Roma, jadi lepaaaaaaassss. Sepulang dari Roma lebih repot lagi. Bahkan gak kepikiran. Terus saya KKN. Jadilah terlupakan.

Saya biasanya bikin tulisan di blog itu, sesuai moment, jadi emang nunggu moment yang pas buat nulis tentang Genbi lagi. Lately, mau bikin tulisan tentang Genbi itu pas pembukaan pendaftaran beasiswa BI 2017 awal tahun kemaren, niatnya biar bantu publikasi gitu. Jadi bisa menarik perhatian mahasiswa Unmul untuk daftar. Tapi ternyata niat baik ya hanya sebatas niat baik kalo gak dilakukan.

Terakhir banget, mau bikin tulisan Genbi pas kami liburan ke Pulau Beras Basah awal Maret kemaren, tapi nyatanya kelewat juga. Kalo saya bilang sibuk atau gak sempat, naif banget yaa. Jadi, oke saya ngaku aja kalo saya adalah procrastinator sejati. Kayak, nanti dulu deh nanti dulu. Sampe gak jadi-jadi. Dan saya menyesal untuk itu.

Akhirnya kali ini bener-bener saya usahain buat nulis. Momennya pas habis perpisahan Genbi 2016 sekaligus pelantikan Genbi 2017, 13 Maret kemarin. Kalo boleh jujur sebenarnya saya sedih banget, karna selama di Genbi saya ngerasa kurang kontribusi aktif dan gak terasa udah selesai aja.

Nah, makanya pas pelantikan Genbi 2017 kemarin, saya emang udah agenda-in harus datang nih, acara formal terakhir bareng Genbi 2016. Kalo inti acaranya sih kurang lebih sama yaa kayak tahun lalu. Ada materi tentang kebanksentralan, pelantikan Genbi dan pembentukan pengurus. Cuma konsep acaranya emang lebih matang dari pada tahun lalu. Terutama pas pembentukan pengurus inti.

Dan ada dua hal special menurut saya di acara pelantikan Genbi kemarin. Pertama, ada pembagian sertifikat untuk anggota Genbi 2016. Waktu saya denger, kalo gak semua anggota  bakal nerima sertifikat, saya udah yakin sih kayaknya saya termasuk yang gak terpilih. Karna berdasarkan absensi kehadiran di setiap kegiatan Genbi, saya urutan 21 men. Jadi saya pikir yang dapet sertifikat 5-10 besar yang paling aktif gitu. Dari 40 anggota Genbi, cuma 29 sertifikat yang disiapin. Kalau gitu saya urutan 8 dari belakang. Memalukan! Alhamdulillah-nya dari urutan 1-29 sertifikatnya sama aja. Gak ada peringkat di sertifikat, ya kali kayak rapor.  

Wait, we're not ready yet!

 Penyerahan sertifikat Genbi 2016: Ok cheese.......!
Hal special yang kedua, kita kedatangan tamu kehormatan. Pembina Genbi nasional, atau bisa dibilang bapaknya Genbi-lah, Bang Abdul Rachman a.k.a Bang Dul. Sebenarnya saya gak kenal-kenal banget bahkan awalnya gak tau Bang Dul itu siapa meski namanya sering disebut di Genbi. Karna memang anak Genbi Kaltim yang kenal Bang Dul rata-rata yang pernah ikut LC (Leadership Camp) aja. Macam saya anggota jelata di Genbi yaa mana kenal.

Pas acara kemarin, Bang Dul datang setelah ishoma, sebenarnya rencana saya mau ninggalin acara karna ada janji wawancara jam 2 bareng Dwi. Tapi saya batalin demi melihat Bang Dul. Kesan pertamanya udah bagus banget gitu sama beliau. Orangnya  friendly banget  bahkan sama kami-kami yang baru dia kenal, talkactive, humble dan murah senyum. Dan ternyata emang gak nyesel. Bang Dul, kece banget ngasih materinya. Oke banget!!

Bang Dul bilang di awal, “saya nyebutnya ngobrol yaa bukan kasih materi,” saya setuju banget konsep ngebawain materi macam Gitu. Saya juga kalo lagi disuruh bawakan materi jurnalistik ke temen-temen mahasiswa, saya lebih senang nyebutnya sharing ketimbang ngasih materi. Karna kalo kasih materi kayak seakan-akan, kita lebih pinter dari yang kita kasih materi.

Bang Dul membuka sesi obrolan dengan memperlihatkan aqua gelas yang isi airnya tinggal setengah. Lalu beliau bertanya, itu “setengah kosong atau setengah terisi?” Jawaban atas pertanyaan itu menentukan karakter kita. Kalau kita jawab setengah kosong berarti kita orang yang optimis, selalu mau mengisi sesuatu dengan ilmu apa pun, karna selalu merasa kosong. Sedangkan kalau kita jawab setengah terisi bukan berarti kita orang yang pesimis, tapi lebih kepada pragmatis yang cenderung lebih cekatan, kreatif , fokus, dan tidak terlalu peduli dengan omongan orang. Dua-duanya tetap punya sisi baik.

Bang Dul bilang dasar BI memberikan beasiswa adalah untuk investasi pendidikan. Terus sharing kegiatan Genbi di regional lain. Terutama Genbi yang masuk nominasi Genbi of The year tahun 2016 lalu. Kayak Genbi Kalbar yang bikin alat penetralisir air macam Pure it dan Genbi DIY yang bikin taman baca. Simpel tapi bermanfaat.  Selebihnya Bang Dul banyak kasih motivasi ke kita. Ada statement beliau yang bilang gini, “Jangan jual kemiskinan kalian untuk mendapatkan beasiswa. Kalian dapat beasiswa ini karna memang kalian layak.” Ini bagus banget sih, ngubah mindset macam scholarship hunter kayak saya. Jadi nanti kalau ngejar beasiswa lagi terutama beasiswa luar negeri, bukan karna merasa gak mampu, tapi karna saya layak kuliah ke luar negeri dengan beasiswa!! 


Bersama Bang Dul (kemeja putih, tengah)


Groufieeeee......
With the girls

Selesai sesi sharing dengan Bang Dul, acara dilanjutkan dengan pemilihan pengurus inti buat Genbi 2017. Itu aja tentang acara kemarin. Setelah ini saya mau throw back dari gimana saya pertama kali daftar beasiswa BI, keterima, gabung di Genbi, best moment-nya, sampe perpisahan. Udah kayak cerpen aja yaa pake alur maju-mundur-maju.

PENDAFTARAN BEASISWA BI

Sebagai mahasiswa yang kuliah tanpa beasiswa full s1 macam Bidikmisi, ngebuat saya harus ngejar beasiswa tahunan. Jadilah tiap tahun saya jadi scholarship hunter . Saya biasa dapat dua beasiswa fakultas macam PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) dan Kaltim Cemerlang dalam setahun.

Nah awal 2016 itu saya dapat info pendaftaran Beasiswa BI dari kemahasiswaan fakultas. Insting scholarship hunter saya langsung naik gitu, jadi saya daftar. Yang saya lihat waktu itu bukan nominal beasiswa atau lembaga yang ngasih, tapi lebih ke persyaratan. Jadi saya liat persyaratannya, kayaknya bisa aja nih saya penuhi.

Persyaratan Beasiswa BI itu umum aja kayak beasiswa lainnya. Macam KTP, KK, Surat Keterangan Aktif Kuliah, dll. Persyaraan khusus macam aktif organisasi dan punya jiwa sosial tinggi. Oh ini saya banget nih. Sebenarnya ada tendensi jurusan waktu itu, harus mahasiswa Ilkom (Ilmu Komunikasi). Saya yang dari HI tebel muka aja gitu tetep daftar.

Saya tanya kemahasiswaan “Bisa nggak daftar meski saya bukan mahasiswa Ilkom?” Mereka monggo-monggo aja, yaudah daftar lah saya untuk seleksi berkas. Lagipula saya anggap Fakultas Ilmu Komunikasi yang tertera di persyaratan  itu maksudnya FISIP kali yaa kalo di Unmul (maksa banget). Dan lagi yang daftar dari  di FISIP juga ternyata dikit. Dari 10 kuota cuma 6 yang daftar. Gak tau yaa, kenapa peminatnya dikit. Saya tawarin ke temen-temen saya buat bareng daftar gitu. Same like me, mereka liat persyaratannya terus respon gini nih, "Nggak ah, harus bikin surat keterangan keluarga tidak mampu," (Yaelah, lu mau dapet beasiswa tapi gengsi gitu,)

Next ke tahapan penerimaan. First, seleksi berkas saya lolos, yes! Kedua, ada seleksi tertulis dan wawancara. Kami disuruh bikin essay on the spot. Setelah itu wawancara. Sempat ciut pas wawancara. Bukan karna pewawancaranya, tapi karna lawan-lawan saya yang barengan masuk ruang wawancara. 2 VS 4. Dua pewawancara dengan empat peserta. Waktu di pertayaan "Kenapa kami (BI) harus terima kamu," jawaban saya awkward banget. Jadi lok ketika sebelah kanan saya jawab dengan segudang prestasi yang dia miliki (dia adalah putri lingkungan hidup dan juara debat dimana-mana). Sebelah kiri saya seorang atlet dayung yang sering menang kompetisi, saya cuma jawab kalo saya mahasiswa HI. Jleb, smh rotf, bego banget! Satu-satunya jawaban saya yang paling mantap pas ditanya rencana setelah lulus s1. Saya mantap jawab buat s2 ke UK gitu.

Setelah itu pengumuman di awal Maret. Saya lolos. Cuma tiga orang yang lolos dari FISIP, saya, dan dua anak IP (Ilmu Pemerintahan, Merina Afrilia dan Eka Darmayanti). Pas saya lihat pegumuman penerima memang wah ini beasiswa bergengsi banget, penerimanya sekelas Presiden dan Wakil Presiden BEM KM Unmul waktu itu. Kak Teguh dan Kak Dimas. Gila kompak banget ini pres dan wapres. Daftar beasiswa aja bareng.
Daftar nama penerima Beasiswa BI 2016
Pengumuman penerimaan waktu itu  di share di grup kelas. Jadi temen-temen saya pada ngucapin selamat gitu. Kesannya kayak hebat bangeeet gitu keterima beasiswa BI. Bahkan ada kalanya ketika saya ngeluh karna kuliah semester 6 saya ancur abis (karna saya sering bolos buat nyebar proposal berangkat ke Roma), dia bilang gini, "Gak papa Jar yang penting kamu sudah ikut HWMUN ke Roma dan dapet beasiswa Genbi (dia nyebutnya gitu)." Jadi Genbi itu disejajarkan sama HWMUN saya gitu. Segitu prestisiusnya yaa.

Pas pelantikan Genbi 2016 sekaligus pemilihan pengurus inti, pemilihannya gak sedemokratis sekarang gitu. Jadi waktu itu asal tunjuk kayak 'si ini nunjuk ini'. Saya yang mahasiswa jelata dan gak ada yang kenal saya, yaa gak ditunjuk. Mau ngajuin diri, kelewat malu. Jadi saya cuma di anggota divisi pendidikan. Beberapa bulan kemudian (kira-kira Juni) agenda Genbi pertama, Genbi Goes to Loa Kumbar. Jadi kami bikin kegiatan di sana, nginap 2 hari 1 malam di kampung paling ujung dari Kota Samarinda yang kesana itu harus nyeberang Sungai Mahakam atau lewat jalan darat yang naudzubillah parahnya karna jalan bekas tambang. Dan di kampung itu gak ada listrik. Gila, kampung ibu kota provinsi segitu parahnya. 
 
Balik lagi ke Genbi, yang saya senang di komunitas ini, kita bisa  langsung akrab satu sama lain. Saya bersyukur banget, bisa ketemu temen-temen baru yang kalau bukan karena Genbi, saya gak kenal mereka. Macam Mbak Wulan yang keibuan banget, Kak Adit yang langsung akrab karna dia pasrah banget kalo dibully, atau Kak Endra yang ramah banget jadi ketua. Dan semua anggota Genbi sih yang saya gak bisa sebutin satu-satu. Pokoknya, all of you guys are the besssttttt lah.

Sepanjang Juli- Agustus saya vakum di Genbi karna saya KKN di pedalaman Kubar. Baru aktif lagi untuk kegiatan Gebyar Genbi di November. Di situ lumayan lah, saya jadi koordinator Divisi Humas. Jadi emang harus all out. Saya ke Balikpapan sendirian cuma berbekal alamat Kantor Gojek, untuk nawarin mereka jadi pembicara di seminar technopreneur.  Baru ternyata ditolak juga, itu kayak sakitnya dimana yaa?

Tapi yang saya rasain waktu itu, alasan saya aktif di kepanitiaan ya hanya sekedar karna saya panitia. Dan aktif di Genbi karna saya gak mau kayak makan gaji buta gitu dapat beasiswa tapi gak aktif di komunitasnya. Bukan karna saya cinta sama ini oorganisasi macam saya ke Sketsa gitu. Selebihnya juga sama untuk dua proker terakhir,  Genbi Goes to School dan ABI (Aksi Bersih Indonesia). Terakhir itu pas liburan Genbi ke Bontang. Nah baru ngerasa banget sayang sama Genbi malah pas perpisahan kemarin. Ini bisa jadi evaluasi juga buat temen-temen Genbi 2017, untuk gimana caranya menumbuhkan rasa cinta ke komunitas ini. Rasa saling memiliki. Karna kalo udah cinta, kontribusi juga bakal ngikut tanpa diminta.


BEST MOMENT WITH GENBI

Banyak sih best moment selama di Genbi. But firstly menurut saya best of the best dari gabung di Genbi itu saya bisa bertemu orang-orang yang penuh inspirasi. Orang yang gak mungkin saya tau kalo saya gak gabung di Genbi. Macam Mbak Vira dan Mas Dirwan. Mbak Vira itu adalah pembina Genbi terus karna dia lanjut S2 di Belanda, posisi dia digantikan sama Mas Dirwan. Dari Mbak Vira, saya terinspirasi sebagai role of model wanita cerdas masa kini. Lulusan ITB, karir bagus, nikah muda dan s2 di luar negeri. Secara kepribadian juga saya suka, orangnya humble, dan sangat memotivasi. Saya senang baca blognya ( https://viracanya.wordpress.com/ ) dan suka download video-videonya di youtube. Jadi youtuber cewek yang saya selalu download video-videonya  itu, mbak Vira dan Gitasav. Dua cewek yang kuliah di luar negeri. It's like my dream. 


Mbak Vira
Youtube: Vira Cania Arman  https://www.youtube.com/watch?v=zFQiIR7fd2Y

Terus Mas Dirwan, saya suka sama gaya memimpinnya sebagai pembina Genbi. Gak nuntut tapi nuntun. Makanya Kak Dimas pernah bilang gini, "Kalian harus bersyukur banget dapat pembina macam Mas Dirwan yang sabar, coba kalo dapat Mbak Vira yang perfeksionis." Hal lain yang saya suka dari Mas Dirwan itu gaya bicaranya. Dia kalo bicara di forum, gak bikin kita bosen denger. Santai tapi ngena. Dan kalau Mas Dirwan bicara, dia selalu memposisikan dia itu setara sama kami. Biasanya dia pasti membuka dengan kalimat, "Jadi gini temen-temen,"  dia berbicara sebagai teman, bukan orang yang lebih tua dan sok menggurui.

Mas Dirwan yang paling depan :D


Kedua, best momen gabung di Genbi, kami dianggap sebagai keluarga besar BI. Kami diundang dalam setiap acara BI, dan mereka selalu kasih full service gitu buat agenda-agenda Genbi. Kita juga banyak dikasih pelatihan-pelatihan dibidang soft skill, kayak pelatihan leadership, menulis, dll. Terakhir yang saya ikutin yaa pas pelantikan Genbi 2017 kemarin. Hidangannya aja prasmanan kayak di hotel, itu berkesan banget, BI menyediakan itu buat kita, yang meski dikasih nasi kotak juga udah seneng. 

Setiap kegiatan Genbi buat saya ada best momentnya, kayak makan dan masak bareng pas Genbi Goes to Loa Kumbar. Foto-foto bareng setelah Gebyar Genbi karna bisa dibilang sukses lah yaa acaranya. Genbi Goes to School di MAN 2 Tenggarong, saya MC-nya dan ngalihin acara selama lebih 30 menit karna pemateri belum datang dari Samarinda. ABI, karna saya Mc- lagi (saya memang subektif orangnya ^,^). Terakhir pas Liburan ke Beras Basah 5 Maret kemarin.

Leadership training


Setelah Gebyar Genbi
More images
 
Genbi Goes to School MAN 2 Tenggarong


Liburan ke Beras Basah, Bontang (berangkat)

Pulang
Created by Faradina Ade :D
See you guys T_T

Pokoknya, punya kesempatan jadi anggota Genbi itu adalah salah satu moment terbaik di 2016. Dapet beasiswanya dapet keluarganya. Terimakasih teman-teman, semoga kita semua sukses meraih mimpi kita masing-masing. See you on top!




Big Hug

Khajjar R 

Share:

0 komentar