CATATAN HARIAN KKN Jilid I




Latar Belakang
Tertanggal 15 Juli sampai dengan 31 Agustus saya ngejalanin salah satu mata kuliah wajib di awal semester tujuh. Yaitu KKN (Kuliah Kerja Nyata). Di Unmul, KKN dibagi jadi dua. Ada KKN fakultas dan universitas. 

Bedanya kalau KKN fakultas, pelaksanaannya dilakukan lebih cepat, dipertengahan semester 6, bisa dilakukan sambil kuliah dan anggota KKN adalah mahasiswa dari satu fakultas. Cocok bagi mahasiswa yang pengen cepet lulus. 

Sedangkan kalau KKN Univ, pelaksanaannya serentak diakhir semester setelah UAS, anggota KKN berasal dari beberapa fakultas dan ditempatkan ke daerah-daerah se-Kaltim Kaltara. 

Nah, KKN univ ini, dibagi lagi jadi dua. Yaitu P2M-DK (reguler) dan P2M-BM atau mandiri. FYI, yang ngurusin KKN univ adalah LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat) Unmul. 

Untuk KKN reguler, semuanya difasilitasi oleh LP2M. Mulai dari susunan anggota kelompok, desa, posko selama KKN, dan transportasi. Kita cukup memilih destinasi kab/kota. 

Sedangkan mandiri, dari lokasi KKN, posko dan transportasi dilakukan secara mandiri. Artinya mereka memilih sendiri anggota kelompoknya, menentukan desa dan menanggung biaya transportasi. Saran saya, bagi yang males ribet bisa pilih reguler. Tapi bagi yang sulit beradaptasi, lebih baik pilih mandiri. Saya sendiri adalah kelompok KKN reguler.

Untuk daerah lokasi KKN, saya milih di Kabupaten Kutai Barat (Kubar). Kenapa Kubar? Kenapa gak di Samarinda aja biar tetep bisa standby ngelakuin kegiatan kampus dan organisasi atau ke Berau biar minimal dapet transportasi gratis ke daerah yang punya destinasi wisata paling keren tingkat internasional. 

 Jawabanya adalah, karena, saya gak mungkin ke Kubar kecuali untuk KKN ini. 

Kenapa? Pertama, karena sejauh ini saya gak punya kepentingan atau sanak family yang bisa dikunjungi disana. Kedua, saya juga gak tau ada destinasi wisata apa di Kubar yang buat saya ingin mengunjungi daerah paling barat Kaltim ini.

 Jadi, ya. Saya mulai dengan KKN untuk menambah kenalan dan teman-teman baru sesama mahasiswa yang KKN di Kubar dan tentu saja juga dengan penduduk setempat serta mengeksplorasi destinasi wisata di daerah ini. 

Dan lagi KKN di Kubar bagi saya, penuh tantangan. Pertama, saya originally bukan orang Kubar. Karena kebanyakan mahasiswa yang KKN di Kubar adalah putra-putri daerah atau anak Kubar sendiri. Kedua, akses ke Kubar cukup melelahkan. 9 jam lewat perjalanan darat atau sehari semalam lewat jalur sungai. Kami sendiri di angkutkan bus yang bikin pantat panas seharian. Ketiga, Kubar adalah daerah dengan mayoritas penduduk suku dayak dan beragama kristen. Tentu ini jadi pengalaman berharga bagi saya sebagai muslim.

Dan benar. Sampai akhir saya menjalani KKN di Kubar, saya nikmati semua momennya dan tidak menyesal sama sekali memilih daerah ini sebagai destinasi pengabdian dalam rangka melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi melalui KKN. 

The Location
Lokasi KKN saya adalah Kampung Besiq Kecamatan Damai Kabupaten Kubar. Tidak ada istilah desa di Kubar. Yang ada hanyalah kelurahan dan kampung. Tetapi kampung memiliki pengertian yang sama dengan desa. Hanya penyebutannya saja yang berbeda. Jadi tidak ada juga kepala desa, yang ada kepala kampung. Tapinya lagi, di Kampung Besiq, kepala kampungnya dipanggil petinggi kampung.

 Saya sempat kesulitan menyebut kepala kampung atau petinggi. Karena bingung saya memanggil “pak kepala” padahal seharusnya “pak petinggi”. Untung bapak petinggi yang merupakan adik bungsunya pak bupati ini gak marah. 
Kami datang ke Kampung Besiq pada 13 Juli 2016 setelah penerimaan oleh Bupati Kubar di ibukota kabupaten, Barong Tongkok.

 Besiq adalah kampung halaman bupati Kubar yang menjabat saat ini. Bapak FX. Yapan, S.H. Perjalanan dari Barong ke Besiq memakan waktu 1,5 jam. 

Secara geografis Besiq adalah kampung terakhir di Kecamatan Damai yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Barito Utara Provinsi Kalimantan Tengah. Luas Kampung Besiq adalah sekitar 556 km2. Dengan jumlah penduduk sekitar 1.513 jiwa. Saya harus ekstra beradaptasi di awal kedatangan saya di Besiq. Karena saya benar-benar asing dengan semua hal tentang Kampung ini. 

Pertama, suku. Hampir 90 % masyarakat kampung Besik adalah suku dayak. Mau itu dayak Benuaq, Kenya, Tunjung, Bahau atau Bakumpai. Tetap aja, itu dayak. Bukan Jawa. Kedua, bahasa. Disetiap percakapan informal baik anak-anak maupun orang dewasa semuanya menggunakan bahasa dayak Benuaq. Yang di telinga saya terdengar seperti bahasa Thailand. Contohnya, “ap kakken uli’ leblai” artinya “aku mau pulang ke rumah”. 

Ketiga, untuk kegiatan mck (mandi, cuci, kakus) dilakukan secara alamiah di sungai. Air sungainya persis seperti Sungai Mahakam. Warnanya coklat kayak white coffee. Kamar mandinya setengah badan. Kalau berdiri semua keliatan. Tapi asyik banget mandi di sungai. Kalau aja saya bisa berenang. 

Keempat, mayoritas masyarakat Besiq adalah non muslim yang beragama Katholik dan Kristen. Untuk masyarakatnya sih gak masalah. Karena ada yang namanya toleransi. Tapi lingkungannya. Karena saya harus ektra hati-hati sama anjing yang berkeliaran. Hati-hati dalam mencari air wudhu. Dan pergi ke masjid yang super terpencil dari kampung. Belum lagi masalah makanan. 

Saya sangat terkesan dengan mereka yang non muslim dan sangat menghargai kita untuk tidak memakan babi. Bahkan saking menghargainya, mereka berusaha untuk tidak sampai menyebut nama babi di depan saya. Padahal kan, kita cuma dilarang makan bukan dilarang dengar. Jadi ada kejadian lucu waktu teman-teman saya mau pergi masak babi di rumah warga.

“Eh mau kemana kok aku gak diajak?”
“Kami mau masak b2 Jar di rumah warga”
“B2?”
“Iya Jar, makanan yang tidak boleh disebutkan namanya”

Saya langsung berpikir, makanan voldemort?. Kadang saya ngerasa gak enak kalau mereka menyebut babi itu haram. Misalnya kalau mereka ngomong gini “Kami mau makan makanan haram.” Kalimatnya jadi rancu sebenarnya kalau mereka tau istilah haram itu gimana. 

Hal sulit yang kelima adalah sinyal dan listrik. Di Besiq belum ada PLN. Semua warga menggunakan generator atau diesel di rumah masing-masing untuk penerangan dimalam hari. 

Sinyal lebih parah lagi. Waktu awal kedatangan kami, sinyal masih bisa nyangkut dari jam 9 pagi sampai jam 6 sore. Tapi itu cuma bertahan seminggu. Seterusnya sinyal hilang total. Kami harus mendaki gunung lewati lembah dan melintasi sungai mengalir indah ke samudera baru bisa mendapatkan sinyal. Jadi selama saya KKN, nyaris saya tidak tahu kabar dunia luar. Bahkan orang tua saja hanya saya kabari yang penting anaknya yang sedang mengabdi ini, masih hidup. 

Tapi, ada manfaatnya loo dengan gak adanya sinyal. Kita jadi tidak terpaku dengan gadget dan lebih maksimal dalam berkomunikasi secara verbal. 

Itu dulu untuk latar belakang tentang cerita KKN dan gambaran umum kampung Besiq. Cerita selanjutnya ada di Catatan Harian KKN Jilid II.
Penerimaan mahasiswa KKN bersama Bupati Kubar
Siap Menuju Kampung Besiq
Adaptasi Posko

 
Kamar mandi setengah badan

Putri-putri menuju sungai

Tangga kahyangan menuju sungai

Aktifitas mck segera dimulai

Meskipun gak ada sinyal, paling enggak kami masih punya camera

Ekspresi pamer kalau mereka bisa berenang

The kind of jumping
Masjid Ar-Rahman Kampung Besiq

Dalam usaha pencarian sinyal

Share:

0 komentar