THE REASONS WHY


Pict by: respati.blog.uns.ac.id
Pernah ada temen yang nanya ke saya, “Buat apa sih Jar ngeblog? Komersil? “
Let me tell you these:

Pertama, saya ngeblog itu, emang karena saya hobby nulis aja. Dari kecil, saya selalu nulis diary yang habis saya tulis, saya bakar. Saking malunya baca tulisan sendiri dan takut dibaca orang. Saya mulai pakem dulis diary secara professional itu, pas kelas 1 SMA. Dan tekun sampe kelas 3. Setahun pasti abis satu buku. Jadi selama 3 tahun, saya punya 3 buku diary. Dan masih saya bacain kalo saya pulang ke rumah. 

Kedua, saat kuliah, saya gak punya banyak waktu buat nulis diary lagi. Lagian kan, kehidupan anak kuliah gak menye-menye kayak masa SMA. Itu karena pas SMA dulu, saya sekolah berasrama. Yang jauh dari orang tua dan gak pegang HP. Jadi kalau sedih dikit karena kangen rumah, pasti langsung nulis. Well, emang tulisan diary saya itu mostly yang sedih-galau-gundah gulana-gak jelas gitu. Sedangkan kehidupan awal kuliah kayaknya terlalu bahagia . . . (hehe). Jadi no need nulis diary.

Ketiga, saat semester 3, saya kan gabung sama Unit Kegiatan Mahasiswa Jurnalistik. Otomatis nulis kan kegiatannya. Lama-lama jenuh juga banyak nulis berita. Karena harus ngikutin kaidah jurnalistik yang ketat, news value, dan 5 w+ 1 h. Pengen juga nulis yang bebas gitu. Yang se ngalir-ngalirnya aja. Dan jawabannya, adalah blog pribadi. Dan memang kebanyakan temen-temen saya disitu, pada punya blog. Saya suka bacain blog mereka. Jadi saya putuskan saya mau punya blog juga. “Karena hidup terlalu singkat untuk membaca kisah orang lain, tuliskan kisahmu sendiri!” (terinspirasi dari iklan rokok.)

Keempat, untuk mengenang. Seru saja sih kalo membuka lagi lembaran lama,  days, months, or years that you have been through. Ternyata kamu pernah loh begini, ngalamin masa kayak gini, ke sini - ke sana. Saya suka ketawa cekikikan bacain diary SMA. Padahal dulunya, saya nangis-nangis pas nulis itu. Atau kalau lagi kangen sama masa lalu dan momen tertentu. Kayak kalo saya lagi kangen sama temen-temen KKN, saya buka lagi blog saya tentang mereka. Saya juga suka cerita kan orangnya, jadi dengan ngeblog, rasanya saya seperti cerita ke banyak orang. 

Dan terakhir, ini mungkin agak klise yaa. Tapi emang bener, saya punya niatan itu. “Menginspirasi banyak orang.” Saya sering terinspirasi dengan hal-hal kecil. Salah satunya dari tulisan yang saya baca. Jadi saya juga ingin, atau paling nggak, siapa tau-ada-minimal satu dari beberapa yang baca blog saya, bisa terinspirasi. Entah dari tulisannya, dari cerita yang saya tulis, atau sikap yang saya lakukan di momen tersebut. (Jiah sok super hero, haha.)
 
Walaupun saya sadar diri juga sih “siapa elo?” gitukan, mau sok-sok nginspirasi orang. Tapi yaa gak papa, kalo gak bisa menginspirasi orang lain, minimal nginspirasi diri sendiri. Buat motivasi juga, biar bisa jadi orang yang lebih baik lagi. From someone to somebody. Kadang, kita memang harus menjadi penting, untuk didengar. 

Laaah, makin lama makin ngalor-ngidul, entar malah gak dapet pointnya. Intinya gitu lah yaa. Saya menemukan passion saya dimenulis. Semoga kalian juga menemukan hal yang kalian suka, dan bisa melakukannya. Karena ada loh orang yang suka akan sesuatu, tapi gak bisa melakukannya. Misalnya suka main gitar, tapi gak punya (aku banget). Suka traveling tapi gak punya duit (aku lagi!)

Kalo buat komersil, yaa kedepannya sih pengen gitu yaa. Kan asyik kalo bisa ngasilin duit dari hal yang kita suka. Tapi untuk sekarang, kayaknya enggak dulu. Saya belum dimasa yang orientasinya duit dan kerjaan. Sekarang orientasinya fokus study dulu dan banyakin pengalaman. Karena kalo komersil kan harus rutin ngeblognya, mikirin konten, ngikutin maunya pasar, dll. Ribetlah pokoknya. Sedangkan saya ngeblog aja, angin-anginan, kalo lagi pengen nulis aja, kontennya ngasal, tergantung apa yang lagi pengen diceritain aja. 

Okay thanks for reading, don't forget to always think positive!
And positive things will come to you 
 
Ba Bye,
Khajjar.R


Share:

2 komentar

  1. Daripada nge-spam dan curhat2 gak jelas di medsos. Ya mending nulis di blog. Lagian nge-blog tuh nagih tahu. (Bagi yang suka nulis).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, setuju banget sama Ibu Pres ini :D

      Delete