LES BAHASA INGGRIS DI PARE



Halo temen-temen. . . Selamat pagi, siang, sore, malam. Jam berapa pun kalian baca, terimakasih sudah mengunjungi blog saya. Entah itu dengan niatan tulus ihklas lilla hi ta’ala untuk membaca, karena terpaksa, gak sengaja buka, atau gak ada kerjaan. Apa pun alasannya, saya sangat mengapresiasi. Jadi terima kasih sekali. Ditulisan kali ini saya mau share dikit tentang pengalaman saya les bahasa inggris di Pare, Kediri. Semoga bermanfaat yaa. 
***
Kalian pasti udah pernah denger kan Kampung Inggris Pare? Saya sempat, les di sana. Tapi gak lama, cuma sebulan. Semoga pengalaman saya yang sebentar banget itu bisa memberikan sedikit informasi buat temen-temen yang mau les Bahasa Inggris di sana.

Beberapa temen saya pada nanya gimana caranya les Bahasa Inggris di Pare. Biasanya saya cuma jawab “langsung aja kesana!” Semuanya urus di sana. Karena saya gitu juga dulu, saya cuma tau ada yang namanya Kampung Inggris di Pare, tanya-tanya dikit sama temen dan langsung cuss aja ke sana. Well, karena sebenernya gak ada hal yang ribet buat ngurus les di pare. Cukup daftar di lembaga Bahasa Inggris yang kalian pilih saja. Dan les kalian, bisa dimulai! 

Tapi karena ini blog, kalo saya jawapin “langsung aja ke sana!,” selesai dong tulisannya, ho ho. Jadi ini saya rangkum beberapa informasi yang wajib kalian tau sebelum berangkat les ke Pare. Informasi ini didapet dari pengalaman saya pribadi, dan berbagai sumber lainnya. 

Deskripsi Kampung Inggris, Pare
Kampung Inggris Pare yang kita kenal sekarang itu, sebenernya merujuk ke satu kelurahan yang punya banyak banget tempat les Bahasa Inggris. Yaitu Kelurahan Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Jawa Timur. Dan peserta lesnya itu datang dari seluruh penjuru Indonesia bahkan banyak juga mahasiswa asing yang les di sana. Contohnya dari Malaysia dan Thailand. Nah lembaga les pertama dan tertua di sana sekaligus yang jadi cikal bakal berdirinya Kampung Inggris Pare adalah BEC (Basic English Course) yang didirikan oleh Kalend Osen tahun 1977.  Beliau dari Kutai Kertanegara loo. Rasanya saya pas kesana, pengen banget ketemu terus bilang "Pak, saya dari Kaltim loh," hehe nasionalisme kedaerahan. Siapa tau dikasih les gratis. Tapi sayangnya gak ketemu karena saya gak les di BEC. 

Nah pengalamannya Kalend Osen mendirikan Kampung Inggris Pare ini sangat inspiratif loh. Dari yang saya baca sejarahnya,awalnya Kalend Osen adalah santri di Gontor, tapi karena kesulitan finansial beliau gak bisa lanjutin belajarnya di sana. Lalu berdasarkan rekomendasi ustadnya, beliau disuruh nyantri ke Ponpes Darul Falah Pare di bawah pimpinan Kyai Ahmad Yazid yang menguasai banyak bahasa asing . Pas udah nyantri di sana, suatu hari ada dua mahasiswa IAIN Surabaya yang mau belajar Bahasa Iggris sama Kyai Yazid buat tes ujian negara. Nah karena Kyai-nya gak ada, Kalend Osen yang ngajarin mereka berdua. Yah bukan rahasia lagi kemampuan bahasanya santri Gontor mah gak perlu diragukan. Terus dua mahasiwa itu lulus tes dan ngasih tau temen-temen mereka untuk belajar di Pare sama Kalend Osen. Karena banyak yang datang untuk belajar bahasa Inggris, Kalend Osen lalu mendirikan BEC. Awalnya muridnya hanya 6-10 orang. Tapi makin lama makin ramai. Para alumni BEC kemudian juga mendirikan lembaga les Bahasa Inggris untuk menampung banyaknya jumlah pendaftar. Hingga terbentuklah yang namanya Kampung Inggris, karena dilingkungan tersebut menjadi pusat kursus bahasa Inggris. Itu lah berkahnya orang nyari ilmu yaa. Dari yang awalnya gak mampu lanjutin pendidikan sampe bisa bikin orang datang dan nyari ilmu ke dia. 

Halaman depan BEC (source image: kompasiana.com )

www.acces-es.id
Tuh diajakin Mr. Kalend, "Come n study english!" (locita.co )

Transportasi
Ini rute dari bandara aja yaa. Artinya buat temen-temen yang naik pesawat. Karena kalo naik kapal laut, saya gak pengalaman dan gak tau pelabuhannya dimana, hehe, mian. Untuk menuju Kampung Inggris Pare, dari Bandara Juanda Surabaya ada tiga pilihan transportasi darat. Naik kereta api, bus, atau travel. Berikut rinciannya:
Kereta Api;
Stasiun Surabaya- Stasiun Kediri = Rp 15 ribu (11 jam) + angkot (Rp 25 ribu)/ becak motor (Rp 75 ribu) – Kampung Inggris Pare 
Bus;
Terminal Bungurasih Surabaya – Pare = Rp 35 ribu + becak –Kampung Inggris Pare
Travel;
Bandara- Tulungrejo = Rp 115 ribu (3,5 jam) 

Saya sih recommend naik travel aja, karena dari bandara bisa langsung ke tempat tujuan. Lebih aman dan nyaman. Kalo naik bus atau kereta kan kita harus keluar bandara dulu, ke stasiun, ke terminal. Nanti udah nyampe Kediri harus cari ojek atau angkot lagi ke Parenya. Untuk transportasi kalian selama di Kampung Inggris, kalian bisa nyewa sepeda kayuh. Harganya Rp 75 ribu sebulan.


Periode Pendaftaran dan Waktu Belajar
Mostly, lembaga les Bahasa Inggris di Pare itu buka pendaftaran tiap tanggal 10 dan 25 per bulan. Jadi pastikan kalian datang di tanggal segitu. Misalnya, datang tanggal 8 Maret terus daftar tanggal 10 Maret. Sedangkan untuk waktu pembelajarannya minimal 2 minggu sampe 6 bulan. Tempat lesnya beragam dan biasanya dibedakan per kelas. Ada kelas speaking, grammar, vocab, pronunciation, TOEFL, IELTS dan banyak lagi. Jadi silakan temen-temen pilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk kelas khusus seperti itu minimal dua minggu atau satu bulan. Ada juga kelas intensif yang per paket 3-6 bulan. Nah yang buka kelas intensive itu salah satunya di BEC. 

Lembagaa Les
Ada berapa tempat les sih di Pare? Ratusan (pake gaya iklan Tango). Banyak banget lembaga les disana. Dari yang tertua sampe yang terbaru. Dan yang termahal sampe yang termurah. Semua punya keunggulan masing-masing. Tinggal disesuaikan sama kebutuhan kita. Misalnya, (ini sumber dari mulut ke mulut aja yaa,) kalau mau ambil kelas speaking itu yang bagus di Daffodils sama Mr. Bob. Kalo mau ambil kelas TOEFL dan IELTS di TEST. Dan seterusnya. Cuma rekomendasi dari saya, kalau kalian punya banyak waktu, sekalian aja ambil paket 3-6 bulan di BEC.  Karena metode pembelajaran di BEC itu dari basic sampe mahir diajarinnya. Lembaga les lainnya adalah; Peace, Global English, Kresna, Mahesa, HEC, Acces-es, Academic English, General English dan masih banyak lagi. Oh ya, selain bahasa Inggris, banyak juga tempat kursus yang menawarkan les bahasa asing lainnya, seperti Bahasa Mandarin, Bahasa Arab, dan Bahasa Jerman, wow.

Tempat Tinggal
Nah, untuk tempat tinggal selama di Kampung Inggris, ada 3 pilihan, di antaranya ada kost, camp dan asrama. Apa perbedaan dari ketiganya? Kalau kos, kalian lebih bebas. Gak ada aturan, gak ada program bahasa inggris. Biayanya sekitar Rp 150- 200 ribu/kamar. Fungsinya cuma untuk tempat tinggal. Sedangkan kalau camp, itu lebih ketat. Karena di camp banyak aturannya. Kayak wajib berbahasa inggris dilingkungan camp, wajib shalat berjamaah, piket harian dsb. Dan biayanya juga lebih mahal, sekitar Rp 200-350 ribu. Kalau asrama, sama aja kayak camp, bedanya asrama ini milik lembaga kursus. Contoh Asrama Mr. Bob, Asrama Peace (tapi disana nyebutnya camp- juga sih.) Jadi biasanya program kursus dan asrama jadi satu. Kalo biaya asrama biasanya langsung satu paket sama kursusan. Bisa Rp 800 ribu- 1 juta, tapi sudah include sama kelas kursus. Saya waktu itu tinggalnya di Azizah Princess Camp, "We never walk alone!" (hehe, jargonnya). Biayanya Rp 250/bulan.

Di depan kost Excelent, saya numpang di situ dulu seminggu sebelum dapet camp.


Biaya Hidup
Kita warga Kalimantan kalo udah ke Jawa pasti berasa jadi orang kaya mendadak. Saking murahnya harga-harga kebutuhan disana. Terutama makanan. Rp 2 ribu juga udah bisa makan nasi sama mie goreng. Di Kampung Inggris banyak banget warung makan yang buka tiap hari. Dan rata-rata prasmanan. Jadi kita bisa pilih sendiri menunya. Harganya disesuaikan sama lauk pauk yang kita ambil. Rp 4-5 ribu udah dapet makanan empat sehat lah yaa lengkap sama sayur dan lauknya. Kalau hemat, Rp 15 ribu sehari udah bisa 3 kali makan kok. Kalo yang jadi favorit saya, Warung Makan An-Nur di jalan pertigaan sebelum ke Daffodils.

Suasana
Kalo kalian pernah denger di Kampung Inggris itu all people are speaking in english, dari tukang becak sampe penjual pentol, itu hoax yaa.  Yang berbicara bahasa Inggris yaa students aja disana. Kalo warga asli masih pake bahasa Jawa dan bahasa Indonesia. Tapi memang ada beberapa anak muda yang punya bisnis jualan kayak sop buah, martabak, donat kentang dan lain-lain yang interaksi sama pembelinya using english

Terus nuansa akademiknya di sana itu terasa banget karena sepanjang jalan, kanan, kiri dipenuhi dengan aktivitas belajar mengajar Bahasa Inggris. Tiap hari rame pada sepedaan. Kamu bisa ketemu sama temen-temen dari penjuru indonesia, dan rata-rata adalah para mahasiswa, fresh graduate, bahkan profesional. Wifi gratis dimana-mana dan kebanyakan camp ada fasilitas wifinya atm juga deket dan banyak biro travel. jadi rasanya sangat dinamis to connect you everywhere. 

Oke itu saja dari saya, kalau ada pertanyaan, silakan isi saja di kolom komen. Atau kalau ada temen-temen yang udah pernah atau sedang disana, mau menambahkan informasi juga boleh isi di komen. Thank youuu.




Khajjar R. 









Share:

4 komentar

  1. Mau nambahin min, disana ada panganan enak dan murah namanya tansu singkatan dari ketan susu. Selain enak tempatnya juga asik buat nongkrong sore2.. oiyaa 1 lagi min info pengalaman pribadi juga waktu kemarin kesana, kampung inggris ini luas banget dan banyak spot2 asik juga buat dikunjungi utk foto2 atau ngebolang bareng temen2 tapi yaitu sy sarankan klw mau ngebolang di kampung inggris mending rame2 bareng temen jangan sendirian yaa, apalagi klw situ cewek. Soalny meskipun disana rame org tapi di waktu2 tertentu jalanan /gg gang juga bisa sepi. Nah waktu itu apes bet dah ketemu org yg mengidap eksibisionisme. Apa itu eks bla...bla.. cari sndiri yaa, ga enak soalnya ngomongnya. Padahal itu saya pas lagi berdua lhoo min dan lagi itu posisinya kita lagi di pinggir jalan besar di Jl. Brawijaya... Yaa tapi emg kondisi waktu itu kebetulan lagi sepi, sekitar jam 08.30 pagi. Hamdan wa syukurillah kita ndapp sih untungnya dia blm "show up" kita keburu ngontel speda buru2 pergi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Man min man min, kayak gak kenal aku aja. Belum sempat nyobain tansu hiks. Kan kita bedua waktu itu mau ke tansu tapinya rame. Jafinya malah klesotandi lapangan bolaπŸ˜‚. Aku dong sendirian kemana-mana. Sampe ke Kili Suci juga sendiri. Iya, rawan jambret juga loh, hati2 bawa tas.
      Thanks for your comment, my best chinggu, Aiiu ♡♡

      Delete
  2. informasi seputar Kampung Inggris Pare ini keren kak

    Teman2 bisa cek website tiap lembaga kalau ingin daftar krn memang banyak banget lembaga kursusan dengan spesialisasinya masing2. jadi teman2 harus menyesuiakan dengan kebutuhan teman2 misalnya untuk belajar speaking, listening, struckture, TOEFL atau IELTS, dll.

    teman2 bisa menghubungi langsung via web/telpon lembaganya atau datang langsung biar lebih enak untuk berkonsultasi masalah waktu yg kita punya untuk belajar dan apa tujuan/target kita belajar. Dan informasi seputar scholarship (beasiswa) untuk lanjut studi jg sering diadakan di beberapa lembaga di Kampung Inggris Pare

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaaw, Aldy Bismo Prayogo, terima kasih sudah menambahkan informasi di kolom komentar πŸ˜ƒπŸ˜ƒ. Semoga lancar lesnya di sana.

      Delete