HOW DO I RESOLVE MY STRESS



Hai guys, lama yaa saya gak nulis, haha (dalam hati pada jawab “GAK NANYA!”). Padahal saya narget loh, nge-blog itu minimal seminggu sekali. Tapi realisasinya yaa se-sempatnya aja. Oke, ini basa-basi aja sih, di tulisan ini bukan cerita tentang “Catatan Sketsa” lagi, karena mungkin kalian bosen mbacanya. Atau lebih tepatnya saya sih yang bosen bahas topik yang sama berkali-kali. Saya tuh nulis yang lagi saya pikirin aja. Dan sekarang saya lagi mikirin ini nih;. . .



Pernah gak sih kalian ngerasa stress? Punya banyak banget masalah dan gak tau gimana ngatasinnya? Atau deadline kerjaan/tugas yang numpuk segunung dan bingung mulai ngerjain dari mana? Yang lebih parah dari itu, ngerasa rencana yang udah kalian susun gak sesuai target, mimpi makin jauh diraih, gagal sukses, kecewa sama diri sendiri, ngerasa hidup ini gak adil, cobaan hidup paling berat, ngiri sama kesuksesan teman, sampai dititik terendah “udah gue mati aja.”

Saya menyebut semua indikasi di atas sebagai gejala STRESS. Pokoknya kalo saya lagi ngerasain satu aja dari semua indikasi itu, saya udah bilang "stress."  Walau pun, saya mengucapkan itu, hanya sebagai bentuk ekspresi. Dan patut disyukuri ketika saya menyadari saya sedang stress. Berarti saya tidak benar-benar stress. Karena orang yang stress sungguhan, dia tidak menyadari kalau dia sedang stress. (Paham enggak maksudnya? Maksud saya orang gila tidak menyebut dirinya gila.) 
  

Jadi sebelum saya benar-benar stress, saya berusaha untuk menenangkan hati dan pikiran. Yaa hidup gak selalu berjalan mulus seperti yang kita inginkan. Kadang ada beban yang rasanya beraaaat sekali. Kita sebagai manusia yaa hanya bisa trus berusaha, berdoa dan jalani. Face it! karena menyerah bukan pilihan. Kan ada tuh pepatah yang bilang hidup itu kayak roda, kadang kita di atas, kadang juga di bawah. Jadi kalau kita sedang merasa ada ‘di bawah’ anggap aja itu memang fase hidup yang harus kita jalani. Badai pasti berlalu. Ada kalimat bijak dari Syair Imam Syafi’i yang saya suka banget, “Janganlah galau dengan tiap kejadian sehari-hari. Karena tak ada yang abadi, semua kan datang dan pergi,” Kalau kita pernah tertawa untuk hal yang sangat membahagiakan, maka kita juga harus siap menangis untuk hal yang sangat menyedihkan. 
source image: tanyaapa.co/



Tapi meskipun udah berusaha tegar, tetep aja hati gak bisa di bohongin, kalau lagi stress banyak pikiran, hati tanpa diminta, yaa galau aja bawaannya. Jadi kita butuh treatment untuk menenangkan dan menghibur hati, untuk kemudian kembali lagi dan menyelesaikan masalah-masalah itu. Berikut beberapa hal yang saya lakukan untuk mengatasi stress saya. Gak semuanya bagus. Kalo ada yang bermanfaat ambil aja, kalo gak ada, oke buat saya aja. 



1.      Tidur

Saya ini sleepaholic sejati. Saya gampang banget tidur. Mau seberat apapun beban hidup atau masalah yang sedang saya hadapi, itu tidak mengganggu aktivitas tidur saya sama sekali. Biasanya kalo udah banyak kerjaan dan stress mau mulai dari mana, malah saya tinggal tidur tuh. Karena kalo kualitas tidurmu baik, badan bisa kembali fit, dan siapa tau bangun tidur malah dapat inspirasi. Siapa tau bangun tidur, skripsi udah selesai. Haha
image: http://khususandroid2015.blogspot.co.id


2.      Makan
Ya biar gak stress juga kita pasti makan setiap hari. Maksudnya saya makan yang bisa mengguggah selera, makan makanan kesukaan misalnya. Stress bisa dilampiaskan ke makanan. Misal kalo lagi jengkel, makan yang pedes-pedes gitu. Atau makan makanan kesukaan yang jarang kamu makan. Emmm makan bulgogi kayaknya enak nih!
Source image: asiangrup.com
 
Cari Nasi Biryani di Samarinda kemana yaa?
Bulgogitarian 👍




3.      Baca buku
Biasanya saya suka baca buku motivasi, apa lagi kalo lagi down, baca buku yang bisa menginspirasi dan membangkitkan semangat. Misalnya novel atau biografi tokoh. Tapi kalo lagi banyak yang dipikirin yaa gak fokus mbaca. Karna baca juga pake pikiran. Kalo udah gitu baca buku yang ringan-ringan aja, yang genre humor atau komedi. Atau baca blog yang lucu-lucu. Saya suka bacain travel blogger-nya www.cumilebay.com atau mbacain review film dari http://penyiarkesasar.blogspot.co.id/   karena bahasanya lucu.
inspirasi.co
Salah satu buku motivasi favorite saya itu "Notes from Qatar 1,2,3" dari Muhammad Assad (Source image: muhammadassad.wordpress.com)

 
Dan buku biografi seriesnya Eyang Habibie (source image: bukalapak.com)
4.      Nonton film
Jenis film yang saya suka itu genre mellow-drama yang mengharu biru gitu, biasanya kalo lagi stress, kepengen nangis pancingannya nonton film. Nangis bisa jadi therapy dan abis itu saya bisa lebih tenang. Well, rekomendasi film sedih banget yang bisa kalian tonton di antaranya, Daisy, Miracle in Cell No.7, Wedding Dress (Korea), Habibie Ainun, Hafalan Shalat Delisa (Indonesia), Children of Heaven, Turtles Can Fly, (Middle east). Dari film tersebut, kita bisa lebih bersyukur bahwa hidup kita tidak setragis mereka.
Ini film tentang anak-anak korban perang invasi AS-Irak tahun 2003 (source image: fourlook.com)
Cinta segi tiga antara pembunuh, pelukis, dan polisi. A complicated love story (source image: pinterest.com)



5.      Kumpul sama temen,
Kadang kumpul sama temen juga bisa jadi obat, apalagi kalo punya tipe temen yang gesrek,  gampang jadi hiburan. Dikit-dikit ketawa. Atau temen-temen yang senasib jadi gak ngerasa cobaan idup paling berat sendiri. Bisa menertawakan nasib bersama.
Senyum kepada nasib "gak wisuda-wisuda"


6.      Kumpul sama orang bijak beriman
Kalo ngumpul sama temen belum cukup jadi obat, atau bikin tambah banyak dosa karena kerjaannya ngerumpi aja. Yaudah kumpul sama yang alim-alim, biasanya kalo kumpulnya sama temen-temen beriman, bisa jadi muhasabah diri dan memberikan nasehat-asehat bijak.  Ikut kajian apa kek, barengan gitu.



7.      Ngaji
Beda lo rasanya ngaji nderes biasa sama pas lagi niat buat ngobatin hati, Qur'an itu kayak tau isi hati pembacanya, jadi kalo emang lagi niat mbacanya untuk ngibur diri gak tau kenapa bawaanya jadi tenng gitu, bahkan bisa mbrebes. Cobalaah. 
www.pesantren-quran.com

8.      Shalat malam
Saya gak mau sok religius sih, tapi shalat malam emang bisa banget nenangin hati. Tapi saya kalo yang ini sih jarang. Disebabkan oleh kebiasaan yang pertama.

Ngena banget (pinterest.com)

9.      Ke masjid
Masjid kan tempat kebaikan, tempatnya orang ibadah. Coba aja ke Islamic Center, terus ngaji atau klesotan aja disana sambil merenung. Mungkin stress kita disebabkan oleh karena banyak dosa.
10.  Ke perpustakaan
Ke perpustakaan ngapain? Karna gak punya duit buat beli buku. Jadi baca bukunya di perpus. Dan lagi,  perpus itu hawa positif akademiknya bagus banget. Produktivitas membaca dan menulis meningkat. Apalagi kalo wifi-nya lancar. Mantap dah.  
www.padamu.net

11.  Nulis
Saya biasa menumpahkan segala kepenatan lewat tulisan diary. Rasanya bisa lebih tenang gitu setelah nulis. Salah satunya dengan ngeblog gini. Nulis, share, terus ada yang baca, jadi hiburan aja sih, rasanya kayak kamu gak hidup sendiri dan banyak yang care sama kamu. Dengan nulis juga perasaan jadi plong karena rasanya seperti berbagi cerita ke banyak orang. Jadi gak dipendem sendiri. Rasanya semua orang mau mendengarkan ceritamu.
http://artemiscanada.com

12.  Jalan-jalan
Ya kalo saya orang kaya banyak duit, stress dikit langsung ke luar negeri gitu,  ndaki Gunung Fuji, mancing ke Maldives atau ke taman bunga tulip di Belanda, atau minimal mantai ke Bali  gitu kaan. Tapi yaa karena itu hanya mimpi, jadi ke kenyataan yang dekat-dekat aja lah yaa. Kalau lagi stress itu bisa di relaksasi dengan pergi ke tempat yang alam banget. Wisata alam, biar bisa menyejukkan pikiran kalut.
Pantai Tanah Merah, Samboja

Jantur Dora, Kutai Barat

13.  Silaturahmi
Konon silaturahmi bisa memanjangkan umur dan nambah rezeki loh . Kalo lagi stress, silaturahmi aja ke keluarga jauh atau temen lama. Ngenang masa indah dulu, bekesahan dll. Gitu lah pokoknya. 
Tiba-tiba kangen temen KKN

14.  Curhat
Bisa sama temen atau ke keluarga, lebih bagus lagi ke Allah. Saya paling jarang curhat ke keluarga. Biasa kalo anak perempuan, curhat kan ke Ibu yaa. Tapi saya gak bisa ngelakuin itu. Karena dulu pernah waktu SMA lagi stress ngadapein UN, saya curhat lewat telpon nangis-nangis  ke Ibu sya, dan Ibu saya jadi ikutan nagis jugak. Abis itu saya jadi ngerasa bersalah karena udah bikin beliau nangis. Jadi abis itu, ada masalah apa pun, saya gak pernah curhat ke orang tua karena gak mau bikin mereka sedih. Paling yaa sekedar informasi singkat aja “aku lagi banyak masalah,”terus Bapak saya bakal njawapin, "Kalo ga ada masalah, gak hidup namanya!"

Well, itu adalah cara saya mengatasi stress. List di atas gak urut yaa. Misal langkah pertama saya ngatasin stress itu yang pertama, tidur dulu, kalo belum ilang juga stressnya ya makan abis makan baca buku, gak gitu. Random aja pokoknya. Saya lagi stress, terus pengennya lagi apa, kalo ada duit yaa makan sampe puas, kalo gak ada duit yaa ke masjid apa perpus. Kalo pas bisa bangun malam yaa shalat. Gitu aja.

Kadang make satu cara aja udah berhasil ngilangin stress, kadang juga enggak. Tergantung tingkat stress yang saya hadapi. Tapi kalo 14 tips udah saya lakuin dan stress juga belum ilang-ilang. Oke kayaknya saya akan pergi ke psikiater untuk memastikan saya belum gila beneran. 

Nah kalo hati udah oke, stress udah ilang,  balik lagi ke masalahmu. Hadapi dan selesaikan!. Semua orang pasti punya masalah. Semua orang pernah ada di titik terendah dalam hidupnya. Tapi yang bikin beda adalah gimana cara kita bersikap untuk mengatasinya.  
Kalo cara kalian ngatasin stress gimana? Boleh share dong yaa, di komen. Siapa tau bisa jadi referensi baru buat saya haha. 

Thanks, salam stress
Khajjar


Share:

8 komentar

  1. Makasih kak Khajjar sudah berbagi tips nya ☺ kalo pengalaman saya sih kurang lebih sama kaya kak Khajjar, apalagi point pertama dan kedua 😂 tidur dan makan..

    Tapi yang pertama kali saya tanaman dalam pikiran adalah lahaulawalakuata illabillahhilaliyil adzim kita serahkan dulu semua ke Allah, percaya Allah akan memberikan pertolongan kepada kita dan segala sesuatu yang membuat stres akan berlalu :) insyaAllah...

    Jadi ketika lelah, pusing, kehabisan akal buat nugas misalnya, akhirnya cuma bisa dibawa tidur.. berharap pas mimpi dapat hidayah/pencerahan gitu.wkwk ga dong.. pokoknya tidur! Dari pada ngedumel ga jelas pas lagi stress lebih baik tidur cepat aja sambil istirahatin badan dan pikiran dulu.. bangun subuh mudahan pikiran bisa lebih jernih :'D

    Dann makan, tapi kalo setiap stress dibawa ngejajan makanan kekinian waduh jangan deh :') nanti nurutin hawa nafsu aja jadinya.wkwk jadi pas lagi stress, tenaganya dari pada ngelakuin hal ga jelas/cuma buat males2an (sebenernya sering nih:') jadi mendingan masak makanan/jajanan favorit kita.. habis itu dimakan deh... 😁 Sebenarnya makan ini bisa buat ngilangin stres dan galau, contohnya saya pernah buat pisang sanggar di belah 4, ditepungin, digoreng trus udah mateng.. tinggal ditumpahin lelehan dcc (dark cooking chocolate) atau yang lebih ekonomis susu kental manis cokelat.. hmhh bikin lupa stres dan galau deh hemat lagi beib.. secara pasti kita pernah dengar kan kalau makan coklat bisa bikin stres hilang karena kenikmatannya.hehe cuss dicoba..

    Terakhir, untuk mencegah stress datang adalah​ perbanyak membaca Al-Qur'an agar hati lebih tentram :) #selfreminder

    Sekian deh komennya.. mohon maaf malah jadi soal gini kaya iklan peninggi badan.wkwk

    Ditunggu postingan selanjutnya ya kak ! Salam semangat 💕

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, terima kasih sita feedback komennya. Its very help. Iya bener "lahaula wala kuata illa billa hil aliyyil adhim" yaa. Dan tips masak-nya oke juga. Saya juga hooby masak. Dari pada jajan mahal kan yaa. Boljug boljug.

      Delete
  2. Betul itu kata Sita, kalau stress yang harus pertama diingat itu Allah.Tumpahin aja tangisan di atas sajadah habis itu InsyaAllah plong. Baca quran dan terjemahannya :", dengerin murrotal, dengerin dzikir atau shalawat. InsyaAllah jernih lagi pikiran.

    Sama sih, kayak baca buku atau nonton film/ceramah2 ustaz yang bikin hidup lagi. Cari yang topiknya yg kamu suka, misalnya soal nikah..wkwk

    Jalan-jalan sendirian, biar bisa merenung, tempatnya paling sering masjid sih.

    Makan coklat atau eskrim, tapi sewajarnya aja.

    Main sama anak kecil!!! Mau cowok kah cewek.. (kalau Khajjar pasti milih yanh anak cowok) tapi yang jelas balita lah, soalnya lagi lucu2nya kan mereka.
    Selain bikin kita lupa sama kestressan, main sama balita juga ngelatih jadi parents. #Eakk dan tak lama timbul stress baru.

    Olahraga! Jogging kah naik sepeda kah. Pokok yang bikin kita keluarin keringat , habis itu capek, bersihin diri, terus tidur. Pas bangun stress-nya berkurang lah. Tapi badan pegal-pegal wkwk.

    Sepertinya dariku begini saja. Afwan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak lepas dari kata "nikah yaa wik," elah. Lagian anak siapa ku mainin? Gak suka jogging dan gak punya sepeda. Gak suka jalan sendiri. Maunya ditemenin kamu. Ea...

      Delete
    2. Nikah itu ibadah terlama jar. Mau gmn dong, ya Allah.. keliatan beud ya yang kepingin nikah :" wkwk.

      Delete
  3. Obat stres paling ampuh lompat dari gedung lantai 18 stres nya hilang nyawa melayang

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete