11 TH OCTOBER



Hari ini, 11 oktober, 23 tahun lalu di Ambon lahir seorang yang kini saya kenal dengan nama Monika Wibisono Putri. Susunan namanya sama seperti Ibu Megawati. Pertama nama dia (dia ini maksud saya Monik yaa, bukan Bu Mega, entar saya dikenakan pasal UU ITE karena di anggap gak sopan, kalo ke Bu Mega nyebutnya mesti 'beliau'), kedua nama bapak dia, ketiga jenis kelamin. Megawati Soekarno Putri. Monika Wibisono Putri. Sama kan?! Semoga nama dia menjadi doa untuk menjadi penerus megawati, the next woman presiden of Indonesia.
Source: https://www.instagram.com/moniikawp/

Monik ini hidup nomaden. Lahir di Ambon, besar di Batam, dan sekarang keluatganya tinggal di Jakarta dan dia merantau di Samarind. Saya pertama kali kenal Monik itu tahun 2014, ketika dia nyasar jadi maba Unmul, lalu bergabung dalam satu organisasi yang sama.  Dia lebih tua dua hari dari saya, tapi di kampus, dia adik satu tingkat. Mungkin dulu dia kelamaan galau, sempat salah jurusan di Manajemen Pariwisata UPI. Terus ambil Ilmu Komunikasi di Unmul. Ya semua hal ada hikmahnya. Kalo gak gitu, saya gak kenal dia. 

Kesan pertama kenal dia itu udah swag gitu sih anaknya. Dengan membawa nama Jakarta, kita yang anak daerah pasti “waaaaah anak Jakarta,” saya gak ngerti mentalitas macam apa ini. Penampilan dia juga fashionable banget. Dia itu gak pernah tampil biasa, dia selalu make banyak gelang, terus jilbabnya ala hijaber yang dililit-lilit dikepala, terus kadang dipakein topi, dan dikalungin manik-manik atau syal. Karena dia selalu tampil seperti itu tiap hari, jadi meski dia tampil biasa pun, tetep terlihat modis. 



Monik juga suka ngeblog, bahkan yang bantu saya pertama kali bikin blog juga dia. Pokoknya dia gak pelit sih kalo dimintai bantuan. Sekarang dia mulai menjajal dunia vlog, yang maksain kita buat nonton dan subscribe. Pernah pas kita makan rame-rame di kafe, dia setel TV-nya ke youtube channel dia dan kita dipaksa nonton. Yah vlogger baru emang harus agresif gitu yaa, didoain moga vlognya bisa sukses kayak Gitasav.
Monik itu punya pacar teman kelasnya sendiri, namanya Derry. Yang sering kita bully. Karena Derry itu nurut banget sama Monik. Apa aja dilakuin buat Monik. Pernah waktu kita camping di Tanah Merah, Dery rela dari Samarinda Seberang ndatangin  Monik cuma demi ngantar titipan Monik buat di beliin kartu internet. Pernah juga menurut cerita Wawal pas KKN, Derry yang KKN di Kutim, rela balik ke Samarinda buat ngurusin KRS Monik. Sementara Moniknya KKN dengan tenang di Berau tanpa harus mikirin KRS. Hal gila lainnya adalah, setelah KKN, Derry ngantarin Monik dari Kutim ke Berau, naik motor. Gila!  Kayaknya kalo Monik nyuruh Derry nyemplung ke Sungai Mahakam, bakal dilakuin juga tuh ama Derry. Cinta membutakan segalanya. Makanya kalo sampe Monik mutusin Derry, itu jahat banget dah.
Monik dan Derry. Source: https://www.instagram.com/moniikawp/

Saya itu ngerasa saya dan Monik punya banyak kesamaan. Pertama kita lahir di tahun dan bulan yang sama dan cuma beda dua hari. Jahatnya, saya sering lupa tanggal lahir dia. Padahal dia selalu ingat tanggal ulang tahun saya. Dia selalu bilang "Ultah kita kan beda dua hari Jar," karena ultah saya tanggal 13 jadi saya pikir  ultah dia tanggal 15. Padahal yang bener, ya sekarang, tanggal 11.

Sama-sama tiga bersaudara dan perempuan semua. Bedanya dia anak pertama, sedangkan saya anak kedua. Sama-sama hobby traveling. Kita pernah barengan pergi ke Bontang untuk pertama kalinya. Terus punya janji buat travelingan bareng lagi ke Jawa Barat. Tapi belum kesampaian sampe sekarang. Selama kuliah ini, sama-sama tinggal di rumah keluarga. Cuma dia gak betah jadi sekarang nge-kos. Kos Monik itu ada wifi, jadi kami sering numpang wifi ke kos-an dia. Pernah juga saya ke kos dia Cuma buat numpang masak indomie.

Hal yang saya kagumi dari Monik ini, dia tidak ragu untuk mencoba hal baru. Baru-baru ini, saya ditawarin pekerjaan buat jadi juru bicara perusahaan buat sosialisasi ke sekolah-sekolah. Saya masih banyak mikir dan ragu oleh karena pertimbangan kesibukan saya. Jadi saya tawarin dia, dan dia langsung bersedia. Padahal saya mau juga, lumayan kan dapat gaji. Tapi karena saya kebanyakan ragunya, sekarang pekerjaan itu di ambil Monik.

Dia juga pernah ikut kontes pemilihan Papika (Putra Putri Kampus) Unmul. Pas malam final kita datang demi mendukung dia, eh baru naik panggung sekali, dah terelemenasi. Wkwkwwk. Gak papa yaa Mon, yang penting udah nyoba.

Source: https://www.instagram.com/amelia_ry/
Dia juga pekerja keras, meskipun jadi anak Jakarta, dia gak manja dan gengsi buat kerja. Pernah pas libur semester genap dia jaga tenant es krim pot di Pramuka. Sekarang dia masih sibuk merintis karir sebagai vlogger, kerja, jadi sutradara Bincang Ekslusif di Sketsa Production, dan menyelesaikan skripsi. Kita doakan sukses keempatnya. DAN SELAMAT ULANG TAHUN MONIKA WIBISONO PUTRI!!!!



Kiss kiss,

Khajjar R

Share:

1 komentar