Pejuang Kelulusan: Catatan Skripsi Part II


Menuju Semhas dan End Game

Masih di Seri Catatan Skripsi. Kalau di Part I kemarin bahas gimana drama skripsi dimulai. Terutama di era sidang 1, dan sidang 1 ulang lagi T_T. Sekarang saya mau cerita di periode Sidang II sampai pendadaran. Jujur, sebenernya dramanya gak terlalu banyak seperti sebelumnya. EMANG YANG DRAMA BANGET  YA PAS SIDANG SATU ULANG ITU. (Emosional sekali kalau diingat 😖)

Proses setelahnya tidak terlalu drama. Tapi episodenya panjaaaang. Saya saja sampai bosan. Kalau fase hidup bisa di fast forward, rasanya saya mau loncat saja langsung ke kehidupan pasca lulus. Tapi kan tidak seperti itu. Untuk ke fase selanjutnya kita harus menjalani day by day in our life. Menyelesaikan satu per satu tugas besar dalam setiap fase.  

Cobaan di periode menuju semhas, adalah saya yang sudah terlalu sibuk membantu dospem untuk persiapan akreditasi prodi. Sehingga ke kampus setiap hari, bukan untuk bimbingan. Tapi untuk mengerjakan semua hal yang berkaitan dengan kebutuhan borang akreditasi.

Saya sampai harus curi-curi waktu untuk mengerjakan sripsi. Biasanya tiap Sabtu-Minggu saya ke perpus, working space, atau café untuk mengerjakan skripsi. Atau biasanya sebelum ke kampus, pagi saya sempatkan ke perpus untuk mengetik skripsi atau sekedar membaca referensi. 

Saat sebelum sidang II, saya merasa waktu saya lambat sekali berjalan. Saya hampir stress dan putus asa. Rasanya skripsi yang saya kerjakan tidak punya masa depan. Dikerjakan gak selesai-selesai, bimbingan jarang-jarang, dan kepastian waktu sidang yang gak bisa diterawang. 

Saking putus asanya saya, pernah selama satu bulan saya gak nyentuh skripsi sama sekali. Selain hampir nyerah, saat itu juga pusing banget ngerjain bab 4. Tapi setelah itu, saya jadi ngerasa bersalah bbanget sama skripsi saya. Skripsi udah saya anggap seperti mahluk hidup yang punya jiwa. Semakin dekat akan saling memahami, dan jauh akan semakin asing. *Ea (Kenapa si gue ini lebay banget)

Akhirnya saya mulai lagi mendekati skripsi, mencoba memahaminya pelan-pelan dan berjanji gak akan lagi meninggalkannya. Haha. Kayaknya gue bener-bener setengah gila waktu itu.

Akhirnya saya sampai si satu titik ketika bab 5 saya selesai, dan saya dapat ACC maju sidang 2. Rasa puasnya luar biasa sekali pada saat itu, ini lah BIG PROGRESS dalam mengerjakan skripsi.

Tapi yang jadi drama juga waktu itu, jadi saya udah set tanggal sidang semhas saya itu di 8 Januari. Tapi dospem saya gak nerima pengajuan sidang di bawah 25 Januari. JLEB. Di situ saya, down banget. Saya adalah orang yang paling marah, kalau sesuatu yang sudah saya rencanakan, itu GAGAL karena faktor eksternal. 

Dan saya paling jengkel di situasi yang saya pengen marah. Tapi gak bisa marah. Ya saat itu begitu. Saya mau marah ke siapa dong? Dosen? (Ya mati aja gue, bisa kena sempro ulang lagi)

Akhirnya saat itu saya kemana yo? Ke perpus dong, Cuma buat nangis,,, huhu drama banget emang. Tapi memang saat itu saya kecewa banget…. Banget!

And then finally saya bisa semhas di tanggal 30 Januari. Dan abis semhas itu, biasa aja dong. Padahal pas ketunda, uda pake acara nangis-nangis. Cuma hati emang ngerasa lega banget sih. Ploooooooong gitu rasanya. Dan untuk kasih reward ke diri saya, karena sudah berhasil semhas, saya mudik. Pulang kampung ke Penajam. Mengabarkan keberhasilan saya untuk menuju 1 kali lagi sidang buat LULUS.

Seminggu di rumah, balik lagi ke Samarinda buat menyelesaikan pertarungan skripsi. Satu kali lagi final sidang pendadaran untuk lulus. Saya semangat sekali waktu itu. Saking semangatnya, 3 bulan pasca semhas, belum juga pendadaran. 

Untuk tetap menjaga motivasi segera lulus, saya narget. HARUS SUDAH PENDADARAN SEBELUM AVENGERS END GAME RILIS. Karena saya ga mau dong, nonton end game tapi skripsi saya belum end game nih. 

Saya harus tahlukkan dulu skripsi saya. Sebelum melawan Thanos. Dan bener aja. Hari pendadaran saya adalah dua hari sebelum End Game rilis. Saya inget baget waktu itu. Rabu saya pendadaran. Jumatnya nonton End Game. Seneng banget, bisa menemui Robert Downey Jr dkk dengan tenang. Hehe.
--The end--

Ini beberapa momen selebrasi habis pendadaran. 
Thank you all for coming in my big day . . .


Akhirnya bisa foto di dinding ratapan Mahasiswa FISIP! Pake selempang LULUS.

 
Before and after sidang pendadaran

My support system! ISHOL 💕

Tim Hore dari Sketsa Squad!!!

Thank yuuuu Dwik, Willy, Wawal, Nina

And Meru, Eka, Sanah, + Monik yang bawain x banner. Terniat!

Kiki yang kasi kado manis dan Meyeng yang bawain kue wkwkwk 🍰

Sobat keluh kesahku di Ishol, Pute, Ices, Nure, Ayu unch... 😘😘

Andes, Abang, Epa, daan ade lu yaa Zhar ternyata 😅


Share:

0 komentar