Pejuang Kelulusan: Catatan Skripsi Part I

Halo, selamat malam semua . . . . .

Sebagaimana yang saya pernah janjikan (ke diri sendiri sebenernya) setelah skripsi saya selesai saya akan rangkum seluruh drama, suka duka, up n down dan segenap luruh perasaan yang saya rasakan selama mengalami, menghadapi, mengerjakan, dan menyelesaikan skrispi alias skripsi ini dalam bentuk satu tulisan di blog! 

Buat apa? Ya buat kenang-kenangan aja sih wkwk. "Sebegitunya yaa dulu pas ngerjain skripsi." Terus kan, saya itu tipe yang suka cerita sebenernya. Apa aja, rasanya pengen banget diceritain ke semua orang. Nah, masalahnya selama proses ngerjain skripsi energinya tuh jelek banget. Bawaannya mau ngumpatttt aja. Ya capek lah, stress, kesel, mau nyerah lah, mau berhenti kuliah dan sebagainya. Pokoknya bener-bener menguras tenaga dan emosi. Jatuhnya, bakal negatiffff semua nanti ceritanya. Jadi saya empet-empet dulu menuangkan segala emosi itu di blog. Karna saya takut selain jadi bumerang buat saya sendiri bakal jadi energi negatif juga ke pembaca.

Bumerang ke diri sendiri itu gimana? Gini maksud saya, jadi sebenernya semua masalah yang terjadi di kehidupan kita itu, bakal better or worse itu tergantung dengan bagaimana kita bersikap dan mindset kita sendiri dalam menghadapi masalah tersebut. 'Beh, sok iye gue.' Jadi kalo saya mikirnya negatif terus, capek, stress, nyerah, ya bakal gitu tuh akhirnya. Padahal kan gak seburuk itu. Kita masih punya pilihan buat keep going, terus berjuang, dan yakin aja sun will shine on us kalo kita gak nyerah. Jadi saya memerangi pikiran negatif saya sendiri di kepala. (Oh my God, gue STRESS! Nggak, nggak. Lo Baik-baik aja Jar!) Gitu lah yaa kurang lebih, wkwkwk. Untung gue gak gila!

***
Oke, mulai ke cerita awal dimulainya drama skripsi ini. Jadi, pas semester VII, sebenernya saya kan udah bisa ngajuin judul yaa. Udah selesai KKN, SKS juga udah cukup, tapi saya gak lakuin tuh. Mikirnya masih agak nyantai. Ngegampangin skripsi. Nanti-nanti lah gitu. Takut kecepetan lulus. Soalnya masih cinta ama kampus, lagi asyik-asyiknya organisasi juga. Dan kayak jadi pride juga buat anak organisasi bahwa 'tidak menyegerakan lulus adalah sebuah dedikasi.'  

Padahal kan ya gak gitu juga. Itu gak bisa dibenarkan dong. Jadi buat adek-adek semester VII yang anak organisasi terutama, ajukan judul skripsi kalian sekarang! jangan tunda-tunda. Karna kalian gak tau hambatan apa yang akan terjadi nanti! 

Saya baru ngajuin judul itu di awal semester VIII. Itu juga niatnya buat nyenengin orang rumah aja. Biar ada laporan progress gitu. Sebenernya kalo orang tua mah gak ribet yaa ngehandlenya. Karna kan pertanyaan mereka in general aja "skripsi udah?" tinggal jawab 'belum.' Masalahnya adalah, saya punya kakak perempuan yang udah pengalaman juga ngerjain skripsi. Jadi pertanyaannya detail. Step-stepnya harus jelas. "udah ngajuin judul?// Udah berapa kali revisi?// Kapan maju sidang?" 

Tapi itu adalah hal yang saya syukuri, karna saya jadi ada yang nge-push gitu. Bisa jadi support system juga, ya duit, ya nasehat, ya motivasi wkwwk. Da Best lah Mba Luluk!

Pasca ngajuin judul dan diterima, dapet dosen pembimbing sampai proses bimbingan proposal penelitian skripsi, semua relatif lancar. Bahkan saya masih bisa mengimbangi kesibukan di organisasi dengan bimbingan skripsi. 

Kurang lebih selama 5 bulan saya bimbingan sampai akhirnya ACC Sidang 1. FYI, di PS (Program Studi) saya, sidang Skripsi itu ada 3 tahap: (Saya PS HI Unmul, btw)
Sidang I: Seminar Proposal
Sidang II: Seminar Hasil
Sidang III: Sidang Pendadaran
Banyak juga kan? Sementara di beberapa PS ada yang sidangnya cuma 2 kali. Kami 3 coy! Dan di PS saya susunan skripsi untuk sidang, juga beda banget sama PS lain. Terutama yang satu fakultas di FISIP. Jadi kalo PS lain, Sidang I nya itu 3 bab. Sementara di HI itu cuma 1 bab.  Dan komposisinya, 3 babnya mereka itu = 1 babnya kami di HI. So, kami harus ngejar 4 bab lagi buat bisa Sidang II. Wagelasseh anak HI.

Nah selama proses bimbingan sampai ACC Sidang 1, saya masi ngerasa lancar jaya aja nih. Masi ngerasa sok iye sama skripsi, cenderung takabur sih sebenernya. Kayak ngerasa, "ah gampang aja nih, kecil aja lah, bisa lah gue!" Padahal di situlah awal kejatuhan saya dimulai! (Sok drama). 

Jadi saya kan seneng banget tu yaa pas ACC Sidang 1. Excited banget lah pokoknya. Yakin bisa aja, yang jatuhnya malah over confidence. Gak belajar dari pengalaman. Temen saya yang pinter-pinter aja kena bantai sidangnya. Apalagi saya? Tapi saat itu, bener-bener saya se-PD itu sama skripsi saya, yakin bakal bisa aja gitu menghadapi pembantaian dosen. 

Padahal nyatanya pas hari H, sidang saya, ancur banget guys. That was really suck. Padahal saya ngerasa proposal skripsi saya itu udah bagus-bagus aja. Tapi itu berubah ketika diuji dalam sidang. Saya jadi ngerasa bodoh banget, skripsi saya jelek banget. Yang dibilang, alur berpikir saya berantakan lah, teori gak nyambung lah, referensi kurang, data gak valid, jawaban ngasal, dan sebagainyaaaa. Saya tu jadi kayak manusia di alam kubur yang ditanyain sama malaikat Munkar Nakir "ngapain aja lo selama hidup?" dan saya gak bisa jawab. Dan pembimbing saya was like as Malaikat Malik yang pasrah aja liat saya disiksa di Neraka. All my fault, anw.

Abis kena bantai, masi bisa senyum?

Walaupun goal di sidang I tetep dapat si. Karna sidang I adalah seminar proposal. Jadi disitu kita hanya mempresentasikan proposal penelitian kita, layak tidak diajukan untuk penelitian skripsi. Dan alhamdulillah proposal saya di approve dengan catatan revisi yang gak sedikit.

Tapi setelah itu jadi shock therapy buat saya. Saya jadi nge-blank, bingung, dan hilang arah buat mulai dari mana? Terus ngerasa bego sendiri gitu. Yang jatuhnya malah males liat skripsi sendiri. Disaat yang bersamaan, kegiatan organisasi lagi padat-padatnya. Jadi saya milih buat fokus buat aktivitas di organisasi.

Satu bulan pasca sidang I saya, PS mengeluarkan peraturan batas revisi mahasiswa pasca sidang adalah 3 bulan. Dimana konsekuensinya, jika melebihi batas waktu yang telah ditentukan, mahasiswa bersangkutan akan melakukan sidang ulang. Peraturan tersebut dikeluarkan pada 1 September. Sedangkan sidang saya di Agustus. Jadi saya pikir, peraturan tersebut hanya berlaku bagi mahasiswa yang melakukan sidang di dan setelah tanggal itu. Walaupun itu tidak saya jadikan alasan untuk menunda proses revisi saya.

Saya mencoba untuk mengerjakan revisi. Tapi pikiran saya benar-benar terbagi dengan tanggung jawab organisasi. Karna saat itu adalah 3 bulan yang sama dengan masa jabatan saya di organisasi. Banyak sekali deadline agenda yang harus saya kejar. Jadi, lagi-lagi skripsi saya nomor duakan.

Tepat 3 bulan kemudian, pasca demisioner dari organisasi, saya menghadap dosen pembimbing, dan tanpa ampun saya langsung divonis untuk sidang I ulang. Saya stress luar biasa saat itu. Saya ngerasa, dalam 3 tahun terakhir, itulah titik terendah dalam hidup saya.

Tapi saya tetap menjalaninya. Setelah satu bulan struggling dengan revisi, jadwal dosen, gonta-ganti dosen penguji, akhirnya saya melaksanakan sidang I yang kedua. Alias sempro ulang.

Pasca sempro ulang, saya sempat kerja part time, kemudian fokus lagi di skripsi. Saya berjanji ke diri saya sendiri, untuk tidak melakukan apa pun, yang mengganggu aktivitas skripsi saya. Dan melakukan apa pun agar skripsi saya selesai. Termasuk dengan suka rela membantu dosen di program studi.

Bukan tanpa drama, saya merasa dalam fase menyelesaikan skripsi tersebut, waktu saya stuck. Saya tidak bisa melakukan hal lain, atau malanjutkan fase dalam hidup saya kalau skripsi tidak saya selesaikan. Dan dalam keadaan terpuruk seperti itu, saya merasa hidup saya suram sekali. Segalanya menjadi tidak menyenangkan. Saya malu dengan pertanyaan keluarga dan kerabat "kapan lulus?" Bahkan menjelaskan saja rasanya sudah tidak mampu. Melihat teman-teman yang sudah lulus duluan jadi tidak senang dan sengaja tidak menghadiri wisuda mereka karna terlalu menyakitkan.  Selebay itu, tapi memang itu yang saya rasakan.

Akhirnya setahun kemudian saya Sidang II alias Seminar Hasil. Dan 3 bulan kemudian Sidang Pendadaran.

to be continued. . . . . . .

Share:

0 komentar