CATATAN SKETSA: UNFORGETTABLE MEMORIES


Haloooo Ha temen-temen :)

Saya nulis ini lagi di Perpustakaan Daerah (Pusda) dan saya baru tau di sini ada ruang khusus perpustakaan digital yang free wifi, asik banget nggak sih? Sebenernya udah beberapa hari sering ke sini, cuma yaa langsung milih ke meja paling sudut, buka laptop terus fokus ngerjain skripsi. Ngandalin hostpot pribadi karena saya gak punya kartu perpus buat login wifi nya. Kebetulan tadi iseng aja make pc yang kosong dan ternyata connect internet. Wow

Saya langsung excited. Buka apa yaa buka apa, akhirnya yaa udah saya ngeblog aja. Niatnya mau ngerjain skripsi tapi file skripsi saya kan di laptop dan saya gak ada flash disk. Jadi yaa udah saya melakukan sebisa yang saya lakukan bersama pc ini. Unchhhh peluk PC. Berasa ngewarnet gratis. Karena kanan kiri saya anak SMP yang baru pulang sekolah. Anak baik, pulang sekolah langsung ke perpus.

Sambil ngetik sambil ndengerin musik di Youtube. Tanpa memikirkan hemat kuota. Asik banget yaa. Ini baru hidup merdeka.

Buat temen-temen yang belum tau, ada fasilitas seperti ini di Pusda (macam saya) hayyuuk mari ke sini. Dari pada hang out terus ngabisin duit mending ke sini, bisa nambah ilmu.


Ini ruangannyaaa

Awalnya saya gak tau mau nulis apa, saya cuma iseng ngeblog. Akhirnya yaa udah saya nyicil Catatan Sketsa aja lagi biar seri tulisan ini cepet selesai.

Dua hari yang lalu, saya ada ke sekre buat rapat sama anak-anak BPI. Dan saya merasakan semuanya masih sama. Meskipun desain sekre udah berubah, struktur organisasi udah diganti, lemarinya udah pindah, tapi rasanya, hawanya masih sama seperti setahun yang lalu. Gak ada yang berubah. Apa lagi pas selesai rapat, Fira bilang gini ke saya "Liat kakak ngomong rasanya jadi kayak flashback ke tahun lalu kalo pas rapat redaksi," huuhu saya jadi baper. Itu kenapa saya gak mau sering-sering ke Sekre. Bikin gagal move on.

Pas pulang, turun tangga, ngelewatin lobby SC terus ke motor juga baper. Itu hal yang tiap hari saya lakukan dulu. Ternyata rutinitas sederhana yang tiap hari kita jalani, ketika sudah tidak lagi, itu bisa membuat rindu.

Saya sering banget kangen sama Sketsa dan segala hal didalamnya. Untuk menutupi rasa kangen itu, saya langsung cepat alihkan dengan kegiatan lain. Misalnya, yaa kayak ke perpus gini. Untuk menenangkan diri, saya selalu bilang dalam hati "gak papa Jar, nanti juga biasa," biasa untuk gak kangen maksudnya. Walau pun, jujur, itu sangat sulit.

Lah, baper lagi. Lanjut aja lah, berikut beberapa hal yang gak bisa di lupain di Sketsa:

1. Sekre
Sekre itu udah kayak anggota juga buat Sketsa. Dia macam ruh, ada nyawanya. Saya sayang banget sama sekre. Sekre Sketsa dulu namanya  'Ujur'. Sebelumnya kita gak pernah nyebut sekre. Nyebutnya ujur. "Hari ini rapat yaa di ujur,/ Nanti di ujur aja/ Kapan ke ujur?" ujur mengarah pada sekre. Kita baru nyebut sekre pas nama Ujur di ubah jadi Sketsa. Jadi kita nyebutnya Sekre Sketsa. Sekre udah jadi tempat apa aja. Ya makaan, ya tidur, ya nginep, ya rapat, ya nonton, dan lain-lain. Kadang saya kangen sama sekre, melebihi kangen sama anggota. Berikut beberapa foto aktivitas kita di sekre:


Ini pas persiapan S3D mau nyebar proposal.

Pelatihan bareng Pak Syafil Teha Noer
Reward bulanan Redaksi

Pas sekre lagi rame
Makan-makan
Syukuran 1 dekade Sketsa

2. Rapat Redaksi
Karena ini agenda mingguan dan jadi anggota wajib buat seluruh anggota, memori rapat redaksi masih melekat sampe sekarang. Apa aja sih yang kita bahas di rapat redaksi? Banyak. Mulai dari isu buat jadi bahan berita, evaluasi liputan, rencana liputan seminggu ke depan dan agenda redaksi lainnya. Belum lagi kalo ada debat. Yang paling sering banget debat pas rapat redaksi itu Wawal dan Amel. Dulu mereka Ketred dan Redpel. Sekarang posisinya meningkat jadi Ketum sama Ketred. Dan pasti jadi lebih rame debatnya.

Rapat Redaksi di Halaman SC

Suasana Rapat

Rapat di Ladang

3. Begadang Majalah
Ngegrjain majalah gak pernah gak begadang. Rasanya emang harus begdang buat ngumpulin semua tim. Terutama editor dan layouter. Sebenernya kalo taat deadline, bisa aja ngerjain majalah tanpa begadang. Tapi faktanya pasti molor dan mepet deadline. Kalo udah gitu, pasti deh SKS ngebut edit desain, edit desain. Tapi justru itu yang seru banget, kita begadangan di sekre, terus makan tengah malam bareng-bareng. Suasana horor pergi ke wc atau ke mushola di Fahutan pas dini hari.



Moment begadang majalah terakhir, waktu itu pas begadang majalah edisi 31 plus majalah buat ikut lomba indie. Itu bener-bener, sumpahhhh gokil abis. Di begadang malam itu Wawal muter lagunya Gfriend-Summer Rain dan meracuni yang lain, sampe akhirnya saya jadi sukkka juga sama lagunya. Dan momen pas saya sholat isha jam 12 malem di sekre terus Kiki terrriaaak karena inget adegan 'Rini shalat di Film Pengabdi Setan.' Itu gila sih. Gak usah tanya saya gimana. Gak jadi sholat.

Karena kalo kalian nonton filmnya, itu ada hantunya entar dibalik mukena. Hiiiii. Tapi akhirnya saya shalat juga, ditemenin Dwi duduk di depan saya buat mastikan kalo gak bakal ada hantu. Haha

4. Makan Barreng
Anak sketsa selalu janjian buat makan bareng. Biasanya sih pas makan siang dan malam. hal yang selalu dilakukan adalah berdebat milih tempat makan. Biasanya kita ribut milih tempat makan, yang satu mau makan ini, dan yang lain mau makan itu,  yang lainnya lagi menyaratkan harus ada wifi dan pilihan terakhir yang keseringan pasti kita makan di  Triple 7 karena disana yang punya banyak varian menu dan wifi gratis (trepenting).


5. Mie Pedes Mampus
Karena kita sering bingung nentuin tempat makan, makan mie pedes di sekre adalah pilihan tersering ke dua. Kita pasti setuju kalo Indomie adalah mi tanah air semua orang Indonesia. Di apain aja enak termasuk diolah sama creative food buat jadi mie pedes. Kenapa kita selalu order dan makannya di sekkre karena kalo dibungkus rasanya keliatan lebih banyak dan  asik aja gitu makan mie barengan di Sekre. Sambil ceritaan gak jelas.

6. Sketsa Awards (SA)
Kenapa SA selalu jadi hal yang gak terlupakan. Karena ini satu-satunya event tahunannya Sketsa yang isinya have fun have fun aja. SA itu kayak ajang penghargaan buat anggota sketsa dan selalu ada tema khusus setiap tahunnya. Terhitung saya sudah tiga kali ngikutin sketsa awards. Yang pertama tahun 2015 temanya vintage gitu. Tahun kedua 2016 temanya ala-ala promnight. Dan lastly 2017 yang paling seru dan paling beda. Pertama konsepnya aja udah keren dan gak biasa yaitu back to school, dan dresscodenya baju sekolah plus didukung sama tempat acara yang classy banget di aula rumah jabatan rektor (soalnya kita biasanya di aula SC aja). Ini yang bikin SA 2017 beda dari tahun-tahun sebelumnya. Ada penampilan masing-masing angkatan. Angkatan 9 yang peformance-nya paling keren. Mereka nge-cover lagu- Ingatlah Hari Ini by Project Pop sampai terbayang bahkan di hari-hari setelahnya.

Sketsa Awards 2016


*Sebenernya masih banyak, tapi sementara itu aja dulu. Akan di update setelah ini.

Lah gimana mau move on kalo diinget-inget terus kenangannya. Cara orang move on kan beda-beda. Buat saya, indikator keberhasilan move on saya adalah, ketika saya sudah bisa tersenyum manis mengenang semua hal yang pernah saya jalanin. Mau sepahit atau sesedih apa pun itu saya tetap tersenyum mengingatnya untuk bersyukur bahwa saya pernah diberi kesempatan merasakannya. Dalam hidup yang saya jalani.  

Salam rindu buat sketsa,

Khajjar R

Share:

0 komentar